Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asean NCAP Grand prix 2016. Produk Buatan Indonesia Jadi Terbaik di Kelasnya

Parwata - Sabtu, 18 Februari 2017 | 22:40 WIB

Jakarta - Lembaga yang mengujicoba fitur keselamatan mobil baru regional Asia Tenggara (ASEAN NCAP) menggelar ajang bertajuk grand prix atau mobil-mobil berfitur safety terbaik se-ASEAN awal Januari silam di sirkuit Sepang.
 
Hasilnya adalah produk yang dipasarkan di ASEAN khususnya dan Indonesia mendapat predikat safety terbaik menurut masing-masing kategori.

Kategori penilaian dibagi dalam 2 bagian untuk proteksi perlindungan penumpang dewasa (AOP) dan anak-anak (COP). Dua kategori itu dipecah lagi berdasarkan dimensi kendaraan seperti mini car, small, medium dan large family serta MPV, SUV serta pikap.

Yang menjadi kebanggaan adalah produk yang dibuat Indonesia menjadi yang terbaik di masing-masing kelasnya. Sebut saya Toyota Agya terbaik proteksi penumpang dewasa dan anak- anak untuk mini car.

Demikian pula dengan Toyota Sienta dan Toyota Innova yang jadi terbaik di kategori AOP dan COP (kelas MPV). 

 

Tes Tabrak Calya & Sigra Calya Gondol 4 Bintang

Sementara itu, telah dirilis pula hasil uji tes ASEAN NCAP terhadap produk yang jadi primadona di tanah air yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Tes yang dilakukan pada kuartal 4 tahun lalu yang datanya diiikutkan dalam Asean NCAP Grand Prix 2016, Toyota Cayla mendapat nilai 4 bintang untuk dua penilaiannya, Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection  (COP).

Empat bintang untuk AOP dengan total nilai 12,93 dari nilai keseluruhan 16,00 berkat kelengkapan standar Toyota Calya 1.2 tipe G transmisi manual (M/T) berupa kantung udara depan, seatbelt serta sistem rem ABS.

Sementara Toyota Calya mendapat rapor yang bagus, tidak berimbas pada ‘saudaranya’, Daihatsu Sigra. Lho kok bisa mengingat Sigra dibuat di pabrik yang sama.

Memang varian/tipe yang mendapat nilai tidak bagus adalah Daihatsu Sigra 1.0 tipe M bertransmisi manual yang fitur keselamatannya seperti kantung udara depan dan juga sistem pengereman dengan ABS bukan sebagai kelengkapan standar.
 
Daihatsu Sigra 1.0 tipe M transmisi manual mendapat 1 bintang untuk AOP (Proteksi Penumpang Dewasa) dan 2 bintang untuk COP (Proteksi Penumpang Anak-anak). JLM/otomotifnet.com

Hasil Asean NCAP GP 2016 Best Adult Occupant Protection (AOP)

Mini Car            :    Toyota Agya
Small Family     :    Perodua Bezza
Medium Family :     Honda Civic
Large Family    :     Nissan Teana
MPV                 :     Toyota Sienta
SUV                 :     Suzuki S-Cross
Pickup             :     Ford Ranger
Best Overall AOP :    Nissan Teana

Best Child Occuption Protection (COP)

Mini Car              :     Toyota Agya
Small Family       :     Perodua Bezza
Medium Family   :     Honda Civic
Large Family      :     Nissan Teana
MPV                   :     Toyota Innova
SUV                   :      Toyota Rush
Pickup               :      Toyota Hilux
Best Overall COP :    Nissan Teana

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa