Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Layout Anyar Trek Catalunya Menuai Protes Dan Kritik, Diputuskan Balik Ke Layout Tahun Lalu

Sabtu, 10 Juni 2017 | 11:50 WIB
No caption
No credit
No caption

Barcelona - Desain trek Barcelona Catalunya yang digunakan GP Catalunya kali ini (11/6) sejatinya menggunakan lay-out bartu di mana tikungan 14-15 merupakan rancangan baru berupa chicane (tikungan cepat ganda kiri-kanan) yang posisinya sebelum chicane F1 atau layout yang digunakan musim lalu.

Chicane baru, diberi nama RACC chicane, beda grip antara aspal lama dan baru serta bumpy alias gundunkan antara aspal lama dengan baru.

Bahkan di sesi latihan bebas Jumat, kemarin, banyak pembalap yang jadi korban alias mencium aspal seperti Alvaro Bautista, Loris Baz dan juga Hector Barbera.

Sampai-sampai usai latihan bebas Jumpat, pembalap mengajukan kritik dan protes ke race direction hingga komisi keselamatan dan keamanan MotoGP melakukan diskusi perihal layout chicane yang baru.

Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Michele Pirro dan Jorge Lorenzo dimintai input dan saran perihal kontroversi chicane baru bersama Loris Capirossi dan anggota safety commission MotoGP lainnya

"Sempat berdiskusi dengan Jorge Lorenzo, Aleix Espargaro, Pol Espargaro dan Michele Pirro yang diungkapkan kondisinya belum bagus dan terlalu bumpy hingga diusulkan untuk kembali ke layout chicane lama yang dipakai gelaran F1," ujar Loris Capirossi selaku Safety Commission MotoGP.

Alasan lain adalah jumlah insiden yang terjadi antara chicane layout baru dan lama, yang baru baru sesi latihan bebas hari pertama sudah makan banyak korban jatuh, dan sebaliknya layout chicane lama dari statistik tidak terjadi insiden kecelakaan.

Itu sebabnya sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi hari Sabtu (10/6), GP Catalunya berubah layout sirkuit dari chicane yang baru ke chicane yang lama atau desain sirkuit yang digunakan ajang F1.

Tantangan lagi buat para pembalap karena harus segera mendapatkan setting untuk layout yang berbeda lagi. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa