Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Porsche Cetak Hat-trick Juara di Balap Ketahanan Le Mans 24 d'Heures

Senin, 19 Juni 2017 | 11:27 WIB
No caption
No credit
No caption

Le Mans - Porsche lagi-lagi membuktikan menjadi pabrikan harus diperhitungkan di kancah balap mobil ketahanan Le Mans 24 Hours (17-18/6) di sirkuit Sarthre, Prancis.

Berada di kelas Le Mans Prototype 1 (LMP1) dengan pabrikan Toyota sempat bikin Porsche tak diperhitungkan.

Terlebih lagi melihat hasil kualifikasi yang menempatkan tim pabrikan Toyota start di posisi paling depan alias pole position.

Belum lagi Toyota menurunkan tiga mobil kategori kategori LMP1 sedangkan Porsche hanya menurunkan dua mobil.

No caption
No credit
No caption
Jadi pole sitter belum menjadi jaminan juara di balap ketahanan, Toyota lagi-lagi belum bisa juara di Le Mans 24 d'Heures

Namun meski begitu kedua tim, Porsche dan Toyota, harus berjuang keras karena hingga akhir lomba hanya mengandalkan satu mobil saja.

Setelah mengarungi total 24 jam, Porsche berhasil melewati garis finish pertama menjadi juara umum sekaligus juara kelas LMP1, sementara Toyota harus puas finish di posisi 9 kategori umum dan runner-up kategori LMP1.

Kemenangan Porsche di ajang balap ketahanan paling bergengsi itu, Le Mans 24 d'Heures, menjadi rekor tersediri setelah meraih secara 3 tahun beruntun. 
Sementara bagi Toyota, lagi-lagi harus gagal, musim lalu lebih dramatis tinggal melewati garis finish sudah dipastikan menang, eh harus mogok dan gagal juara.

Musim ini dengan optimisme tinggi dan menurunkan tiga mobil sekaligus, dua mobil mengalami problem dan DNF, hanya satu mobil yang bisa finish itu pun setelah harus mengalami perbaikan yang makan waktu lama saat pitstop.

Trio pembalap Porsche LMP Team sempat ragu bisa menang dan benar saja belum percaya berhasil jadi juara

Sehingga saat kembali tertinggal jauh dari lawan-lawannya, yaitu Porsche hingga harus merelakan kemenangan jatuh ke tim rivala, Porsche.

"Tiga kali juara Le Mans merupakan mimpi jadi kenyataan buat Porsche apalagi kemenangan ketiganya diraih dengan cara yang tidak mudah."

"Kami bangga ke seluruh tim Porsche yang terus berjuang meskipun harus pitstop dan melakukan perbaikan yang lama, selamat," ujar Michael Steiner, dewan direksi riset dan pengembangan Porsche AG.

Tiga pembalap yang mengendarai Porsche nomor 2, Timo Bernhard-Earl Bamber-Brendon Hartley, juga mengaku tidak percaya bisa keluar jadi juara setelah hampir sejalm lebih melaukan perbaikan berat dan ternyata di waktu menunjukkan 24 jam, dikibaskan chequered flag tanda jadi juara. (otomotifnet.com) 
 

HASIL LOMBA LE MANS 24 D'HEURES
 1. Porsche LMP Team/Porsche 919 Hybrid    (LMP1); 24:01:14,075
 2. Jackie Chan DC Racing/Oreca 07-Gibson (LMP2); +1 lap
 3. Vaillante Rebellion/Oreca 07-Gibson (LMP2); +3 lap
 4. Jackie Chan DC Racing/Oreca 07-Gibson (LMP2); +4 lap
 5. Signatech Alpine Matmut/Alpine A470-Gibson (LMP2); +5 lap
 6. United Autosports/Ligier JSP217-Gibson (LMP2); +5 lap
 7. Graff/Oreca 07-Gibson (LMP2); +6 lap
 8. CEFC Manor TRS Racing/Oreca 07-Gibson (LMP2); +7 lap
 9. Toyota Gazoo Racing/Toyota TS050 Hybrid (LMP1); +9 lap
10. Cetilar Villorba Corse/Dallara P217-Gibson (LMP2); +14 lap

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa