Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Radiator Aluminium Custom, Lebih Adem Dan Ringan

Andhika Artawijaya - Senin, 7 Agustus 2017 | 13:49 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Jip off-road butuh performa mesin mumpuni. Coba saja lihat, rata-rata menggunakan kapasitas antara 3.000 hingga 5.000 cc lebih. Berbekal mesin seperti ini, kendaraan 4x4 bisa melewati berbagai trek ekstrem, dengan beban berat dan ban besar. Tidak jarang, mesin-mesin ini akan tersiksa karena meraung di rpm tinggi. 

“Apa lagi kalau masuk ke dalam ranah kompetisi, dijamin kerja berat. Salah satu efeknya, temperatur mesin mudah melonjak. Tidak ideal untuk suhu kerja mesin seharusnya,” jelas Wahyu Lamban, off-roader yang aktif di adventure, speed, maupun ekspedisi.

Untuk itu, kendaraan 4x4 butuh sistem pendingin yang ekstra. Salah satunya mengganti kapasitas pendingin pada kendaraan, agar lebih mudah melepaskan panas mesin. Atau mengganti radiator yang punya volume air lebih banyak.   Rindra P/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption

Radiator Custom

Kendaraan yang pakai mesin high performance, kebanyakan menggunakan radiator aluminium. “Selain ringan, aluminium dapat melepas panas lebih baik ketimbang besi. Ditambah lagi aluminium lebih tahan terhadap korosi,” ucap Willie Rahman, pembalap muda di speed off-road.

Namun, radiator aluminium seperti ini tidaklah murah. “Ambil contoh merek terkenal adalah Griffin, Summit atau Koyorad. Radiator alumunium punya harga kisaran di atas Rp 6 juta. Angka yang cukup besar,” celetuk Willie.

Dari sinilah timbul gagasan oleh workshop Lengkong Racing Fabrication, untuk membuat radiator high performance berbahan aluminium. “Gagasan awalnya ide dari bapak saya, kepingin memajukan produk dalam negeri,” ungkap Willie, yang menjalankan workshop.

No caption
No credit
No caption

Saat menyambangi Lengkong Racing (LR) Fabrication, kami ditunjukkan salah satu hasil karyanya. “Kita buat dengan kualitas yang lebih bagus, namun harganya jauh lebih murah,” jelas Willie, putra Yogi Yogaswara ini.

“Kami mencoba meningkatkan kinerja radiator aluminium yang selama ini beredar. Keluhan dari beberapa pengguna untuk balap, radiator ini cepat pecah di bagian tank, karena menggunakan bahan aluminium yang tipis,” jelas Igun yang menggarap pengerjaan produk aluminium.

Enaknya lagi, radiator ini dapat dimiliki dengan cara custom order. Jadi customer bisa request langsung radiator sesuai kebutuhan kendaraan dan mesin. 
“Kami sangat terbuka untuk pemesanannya, dimensi seperti apa, kapasitas radiator, hingga berapa ply yang diinginkan,” jelas Igun.

Bisa Part Lain

Setelah berhasil membuat radiator performa tinggi, LR Fabrication pun mulai melebarkan produknya. “Bikin radiator bisa dibilang bukan hal mudah. Kalau radiator saja bisa dibuat, kenapa tidak sekalian bikin berbagai part aluminium,” jelas Igun.

Lewat LR Fabrication, Anda juga bisa memesan berbagai suku cadang, bahkan body part. “Di sini kita juga bikin beberapa panel untuk kendaraan speed off-road, yang berbahan dasar aluminium. Seperti dasbor, floor board, tangki air, hingga panel bumper,” ucap Igun.

Tangki bensin aluminium

Bengkel
Lengkong Racing Fabrication
Jl. Lengkong Karya No.88, Serpong, BSD
Telp: 0853-1438 0177 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa