Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Wrangler JK Owner Indonesia, Kalibrasi Kaki-Kaki Agar Gagah Beraksi

Senin, 21 Agustus 2017 | 11:54 WIB
No caption
No credit
No caption

Trik ini lebih praktis dan aman saat ganti pelek dan off-road

JAKARTA - Jeep Wrangler JK, sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Program(ESP). Program ini mengatur berbagai parameter mesin dan transmisi, agar JK dapat melaju dengan optimal di segala medan. Akan tetapi, ESP dapat bekerja optimal dengan tekanan angin, ukuran ban serta pelek standar.

Hal tersebut akan menjadi masalah ketika Anda mengganti pelek dan ban berukuran lebih besar ketimbang bawaan pabrik. Juga saat Anda menurunkan tekanan angin ketika membutuhkan traksi saat akan melintasi jalan berlumpur misalnya. 

Komputer akan memberi isyarat dan tentu saja performa kendaraan akan terganggu. “Kalau sudah ganti pelek dan ban lebih besar, indikator tire pressure akan menyala lantaran terjadi ketidak-cocokan data. 

No caption
No credit
No caption
Satu modul Procal dari AEV hanya untuk satu mobil. Harganya sekitar Rp 3 jutaan.

Perlu penyesuaian atau kalibrasi dari speedometer-nya. Standarnya, sensor tekanan angin ban sudah diset di angka 35 psi,” ucap Danun Adrianto, salah seorang member JK Owners, yang telah mengganti pelek standarnya dengan ukuran 20x9 inci.

Untuk mengatasi kendala tersebut, Danun memiliki modul elektronik Procal keluaran AEV. “Fungsinya untuk memanipulasi rasio gigi dan speedometer. Selain itu, terdapat juga perubah sensor tekanan ban,” ucapnya. 

Danun meyakinkan kalau penggunaa alat ini sangat mudah. “Tersedia beberapa switch geser yang dikombinasikan. Switch tersebut merupakan kode perintah, kemudian modul dihubungkan ke OBD port yang berada di bawah dasbor,” jelasnya. 

Danun. Mengkalibrasi suspensi Wrangler JK yang erpr, cukup sambungkan moul di bawah dasor ke OBD

Setelah alat disetting kombinasi perintahnya dan dihubungkan ke OBD, klakson akan berbunyi dua kali.

“Ini menandakan bahwa perintah setting tersebut telah berfungsi,” tambah Danun.

Satu lagi, modul ini juga dapat mengatur idle speed control pada JK. Uniknya, pengaturan idle speed ini dilakukan melalui dimmer switch untuk lampu interior. “Di dalam modul ini sudah tersedia fitur untuk sinkronisasi dengan dimmer switch-nya,” tutup pria ramah tersebut. (Tom/Otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa