Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikers, Jangan Sepelekan Penggunaan Softlens Saat Berkendara, Ini Alasannya

MAS - Sabtu, 5 Agustus 2017 | 19:04 WIB

Jakarta - Berkendara menggunakan motor bisa dikatakan menjadi kebutuhan atau rutinitas sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya, bagi mereka yang memiliki masalah terhadap penglihatan akan pakai kacamata atau pakai softlens.

Nah, khusus biker pengguna softlens atau lensa kontak, ada hal yang harus benar-benar diperhatikan saat mereka melakukan aktivitas riding harian. Jika detail ini diabaikan bisa menimbulkan masalah besar dan berakibat fatal bro.

"Terutama untuk mereka yang sering melakukan perjalanan jauh naik motor, lensa kontak tidak boleh kering," kata Dr. Rizki Dwi Noviatmojo, Dokter Umum di Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi saat ditemui OTOMOTIFNET, Sabtu (5/8).

"Karena kalau lensanya kering, terus lupa meneteskannya, bisa-bisa lensa kontak menempel ke mata sehingga bisa menyebabkan kebutaan. Kalau bisa setiap satu jam sekali berhenti untuk meneteskan obat tetes mata," lanjutnya.

Menurut Rizki, penggunaan softlens di mata membutuhkan perhatian khusus. Mulai dari cara pemasangan, lama pemakaian,  penyimpanan dalam kotaknya, hingga perawatan kebersihan.

Penggunaan softlens yang kurang tepat dan tidak terawat dapat berakibat terjadinya infeksi pada kornea mata.

"Ketika kita tidak berkedip, air mata tidak terhapus menyeluruh ke mata, akhirnya bola mata bisa kering belum lagi debu-debu masuk dan polusi sehingga mata bisa jadi berlemak," tutup dokter 26 tahun ini.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa