Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suka Nyeri Punggung Saat Naik Motor? Lakukan Hal Ini Untuk Menyembuhkannya

DAB - Sabtu, 5 Agustus 2017 | 08:51 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Suka merasa sakit punggung saat naik motor? pasti itu karena anda kurang olahraga atau menggerakan tubuh karena kesibukan bekerja atau sekolah.

Itu memang sering terjadi, khususnya bagi para pekerja dan pelajar di kota besar seperti Jakarta. Kurangnya aktifitas dan terlalu banyak menghabskan waktu dengan duduk pasti membuat fungsi tubuh tidak optimal.

Salah satunya punggung yang kinerjanya menurun karena minimnya aktifitas. "Punggung itu kan menopang tubuh, kalau terlalu sering duduk pasti performanya menurun dan bikin badan jadi gampang sakit," kata Immanuel Reonald, Fitnes Manager dari Fitnes First.

Selain mudah sakit saat naik motor, khususnya motor berkarakter sport juga bisa membuat punggung agak bungkuk. Nah ada latihan sendiri nih.

( Baca juga : Kondisi Tubuh Usai Perjalanan Jauh Vital, Jadi Ya Diutamakan Saja )

Cukup mudah, bisa latihan dengan mengandalkan bobot tubuh sendiri. Sebab dengan bobot tubuh, kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan fisik kita.

"Coba dimulai dari pull up, latihan ini bisa membenarkan bentuk punggung dan membuat punggung jadi tidak mudah sakit kalau habis naik motor. Lakukan latihan ini dengan 12 kali repetisi sebanyak 3 set. Lakukan jeda satu menit di tiap setnya," papar Immanuel.

Untuk menyeimbangkan kemampuan punggung, dilanjutkan dengan melatih bahu dan pundak. "Jika ada dumble, bisa latihan menggunakan dumble. Untuk pria latihan dengan berat 6 kg dan 4kg untuk perempuan. Ini bagus untuk meningkatkan latihan bahu," sambung pria yang akrab disapa Nuel ini.

Nah untuk bagian dada tidak bungkuk dan menyempurnakan bentuk badan. lakukan perenggangan dengan merentangkan kedua tangan dan tarik hingga ke belakang

Setelah itu, lanjut dengan 'menarik' bagian depan tubuh terutama bagian dada. "Lakukan stretching dengan melebarkan tangan dan menariknya ke bagian luar. Lakukan hingga 30 repetisi saja. Ini bisa jadi pemanasan jika terlalu lama duduk. Jadi tidak butuh waktu khusus," pungkasnya.

Jika porsi latihan ini dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin bentuk tubuh menjadi lebih tegak dan punggung tidak sakit lagi saat naik motor. Yuk olahraga ringan setiap hari.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa