Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kepekaan Marshal Lomba Jadi Perhatian Kejurnas Speed Off-road Seri Ketiga

DAB - Minggu, 6 Agustus 2017 | 14:36 WIB
No caption
No credit
No caption

Serpong - Sejak Special Stage 1 (SS1) Kejurnas Speed Off-road putaran ketiga (4-5/8), kepekaan para marshal lintasan masih menjadi pembicaraan.

Hal ini karena marshal lebih memilih menolong dahulu pembalap yang tabrakan, hingga akhirnya malah lupa untuk mengibarkan bendera peringatan.

Perbuatan ini memang baik, namun tidak dikibarkannya bendera peringatan membuat marshal lintasan lainnya tidak mengetahui jika di sebuah sektor atau bagian ada pembalap yang mengalami kecelakaan.

Lantas, marshal yang berjaga di garis start pun langsung melepas pembalap selanjutnya dan berpeluang terjadi tabrakan selanjutnya karena mobil sebelumnya masih berada di lintasan, atau karena ceceran oli.

"Selepas sprint reli semalam (4/8) kami langsung melakukan evaluasi agar keluhan dan masalah seperti ini tidak terulang lagi, sebab ini kan berkaitan dengan masalah keamanan di trek," ujar Hariono, Wakil Ketua Umum Bidang Olahraga Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Julian Johan jadi salah satu peserta balap yang mengalami kecelakaan akibat mobilnya terkena ceceran oli

Hariono yang juga sebagai peserta di tim NavSat merasakan betul ketidakcekatannya tim marshal. Apalagi jika memberikan info lewat bendera.

Namun setelah dievaluasi, tim bekerja lebih baik. Ini dirasakan oleh Tb. Adhi (HRVRT-BGM-BMB) yang pagi ini mengalami kecelakaan saat menjalani SS 3.

"Sudah lebih baik, cuma kalau mau lancar sebaiknya pakai race director yang memantau semua jalannya lomba. Ibaratnya sebagai sutradara," kata Tb. Adhi.

"Semisal ada tabrakan, jadi marshal terdekat bisa lamgsung bergerak dan mengibarkan bendera beberapa tikungan sebelum titik kecelakaan, sehingga pembalap selanjutnya bisa melambatkan mobilnya dan berantisipasi," pungkas pembalap bertubuh gempal tersebut.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa