Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Ngilu, Ini Komentar Pengamat Soal Sistem Ganjil-Genap Tol Cikampek

MAS - Senin, 21 Agustus 2017 | 10:02 WIB

Jakarta- Pengamat transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan menilai rencana pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap di Tol Cikampek tidak efisien sehingga ia mengatakannya 'latah'.

"Seharusnya jangan tiba-tiba bikin ganjil-genap tol Jakarta-Ciampek. Jangan latah dong kayak pembatasan bagi pemotor di jalan Sudirman-Thamrin," kata Tigor kepada OTOMOTIFNET di Jakarta, Minggu (20/8).

"Inikan namanya latah (ikut-ikutan), kajiannya mana? Apa dasarnya dan apa alasannya? Sehingga memutuskan berlakukan sistem ganjil-genap di tol Cikampek," ungkapnya.

Menurut Tigor, seharusnya pemerintah melakukan pengkajian terlebih dahulu kepada masyarakat, jangan langsung menembaKkan adanya sistem ganjil-genap seperti itu.

"Bikin dulu kajian publiknya, BPTJ harusnya lakukan dialog dengan publik. Jadi jangan sembarangan main larang-larang, kalau cuman main larang-larang doang gampang," tegasnya.

Tigor meminta, pemerintah seharusnya profesional dalam memberikan suatu keputusan agar tak menjadi polemik lagi seperti ini.

"Mereka itu kan jadi pejabat bukan untuk melarang-larang masyarakat, melainkan bagimana membantu layanan publik itu supaya bagus, mereka dibayar mahal untuk menjadi pemerintah dari uang rakyat jangan malah mempersulit rakyat," kekehnya.

Pembatasan kendaraan berdasarkan nomor polisi ganjil-genap direncanakan berlaku pada akhir Agustus 2017. Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek akan menerapkannya, dari gerbang jalan tol Bekasi Barat sampai Semanggi, pada jam sibuk. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa