Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gimana Enggak Memikat, Yamaha XMAX 250 Punya Fitur-Fitur Yang Enggak Ada di Motor Sport 250 cc

Luthfi Anshori - Jumat, 25 Agustus 2017 | 20:33 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Salah satu faktor larisnya Yamaha XMAX 250 di pasar 250cc tak lain adalah karena sejumlah fitur canggih yang bahkan tidak dimiliki motor sport 250cc seperti YZF-R25, Ninja 250 FI, bahkan CBR250RR sekalipun.

Oke, kalau bagasi luas sih udah keunggulan kompetitif yang enggak perlu dijelaskan lagi. Tapi ini soal fitur-fitur kekinian.

Paling jelas adalah kehadiran fitur keyless yang dinamakan Smart Key System (SKS) seperti di Aerox 155 VVA. Dengan teknologi ini menyalakan mesin XMAX 250 tidak perlu anak kunci lagi.

Anak kunci cukup dimasukkan saku, dengan radius 120 cm ke depan dan belakang, dan 100 cm ke samping maka akan terbaca oleh receiver, maka kenop kontak bisa diaktifkan. Canggih kan.

No caption
No credit
No caption
Smart Key System (SKS) Yamaha XMAX 250

Selanjutnya adalah fitur keselamatan Traction Control System (TCS). Cara kerja fitur ini, mula-mula ECU akan memantau kecepatan kedua roda, jika terdeteksi beda kecepatan karena selip, maka TCS langsung bekerja mengurangi tenaga ke roda.

Lebih rinci, menurut Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ECU akan membaca putaran mesin, kecepatan roda, sekaligus sistem injeksi.

"Ketika selip, untuk mengurangi tenaga maka ECU akan memundurkan ignition timing dan mengurangi semprotan bensin,” urai Ridwan beberapa waktu lalu.

Fitur TCS Yamaha XMAX 250

Fitur TCS bisa diaktifkan dan dimatikan, caranya dengan menekan dan tahan tombol di setang kanan. Indikator aktif atau mati akan ditampilkan di layar spidometer dengan tanda TCS ON atau TCS OFF.(Otomotifnet.com)

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa