Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fungsi Steering Damper Untuk Moge, Bagaimana Dengan Motor Harian?

Parwata - Senin, 6 November 2017 | 11:22 WIB
Steering damper biasanya diaplikasi pada moge
Ohlins
Steering damper biasanya diaplikasi pada moge

Otomotifnet.com - Steering Damper, sokbreker dengan dimensi lebih kecil yang terpasang pada sasis dan satunya lagi ke unit sokbreker depan.

Sejauh manakah fungsi dari steering damper yang terpasang pada motor,  khususnya pada motor-motor besar dengan kecepatan tinggi. Simak penjelasannya.

Dijelaskan Acho Patauri, selaku Marketing dari Ohlins Indonesia, steering damper berfungsi memberi kestabilan lebih saat motor melaju pada kecepatan tinggi, terutama saat tikungan.

"Fungsinya untuk memberikan kestabilan motor ketika melewati tikungan dengan kecepatan tinggi. Seperti misalnya pada MotoGP, ketika melewati tikungan, ban depan pasti sedikit "ngangkat" dan bergesekan, pada saat itulah steering damper bekerja, agar pengendalian motor tidak terlalu liar," ucap Acho kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Masih menurut Acho, untuk motor harian tidak terlalu perlu menggunakan steering damper.

"Karena medannya kan berbeda dengan balapan, kalau motor harian kan pasti jarang atau tidak pernah melewati tikungan dalam kecepatan tinggi," pungkas pria yang akrab disapa Acho Bule ini.

Kendati tidak banyak jenis motor yang menggunakan peranti ini, beberapa motor produksi massal ada yang sudah dibekali steering damper. Contohnya Kawasaki ZX-6R.

Editor : Parwata
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa