Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Tembus Ekspor 1 Juta Unit CBU, Presiden Joko Widodo Acungi Jempol

Joni Lono Mulia - Rabu, 5 September 2018 | 13:45 WIB
Toyota Motor Manufacturing Indonesia capai 1 juta unit CBU untuk ekspor mancanegara
Otomotifnet/Harryt MR
Toyota Motor Manufacturing Indonesia capai 1 juta unit CBU untuk ekspor mancanegara

Otomotifnet.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)  menandai pencapaian ekspor 1 juta unit CBU (Completely Built Up) yang langsung mendapat apresiasi Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, yang hadir di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut (5/9).

Presiden Joko Widodo dalam sambutan berpesan terkait kontribusi yang besar dari industri otomotif terhadap ekonomi nasional.

'Kunci ekonomi ada dua, yakni investasi dan ekspor. Kita enggak mau kalah dari yang namanya Thailand. Oleh sebab itu saya minta kepada Menteri dan Gubernur, (perizinan) yang ruwet-ruwet itu diselesaikan," tegas Presiden Jokowi

Ekspor 1 juta unit mobil Toyota merupakan akumulasi ekspor sejak 1987 (30 tahun). Adapun sepanjang bulan Januari – Juli 2018, TMMIN telah mengekspor 117.200 unit. Volume ini meningkat 1,3% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 lalu dengan jumlah 115.800 unit.

(BACA JUGA: Masuk Mobil Sulit Dan Nyalakan Mesin Honda Jazz RS Enggak Bisa? Ini Solusinya)

Kontribusi terbesar disumbangkan oleh model Sport Utility Vehicle (SUV) Fortuner sebesar 30.900 unit.

Diikuti oleh Avanza sebanyak 21.900 unit, Agya 17.000 unit, Vios 15.800 unit, Rush 12.700 unit, Kijang Innova 4.200 unit dan produk Complete Build up Unit (CBU) lainnya yaitu Sienta, Yaris, Townace/Townlite sebesar 14.600 unit.

“Performa ekspor Toyota sempat tertekan di semester pertama karena situasi regulasi di negara tujuan ekspor. Namun berkat dukungan yang kuat dari pemerintah Indonesia dan pihak-pihak terkait, kegiatan ekspor kami saat ini mulai berangsur membaik, dan diharapkan kembali normal dalam waktu dekat,' kata Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Pada umumnya tren ekspor di semester dua lebih baik daripada semester pertama, oleh karena itu kami optimis bisa mencapai pertumbuhan ekspor sebesar 10% seperti yang kami targetkan di awal tahun,” ungkap Edward Otto Kanter.

(BACA JUGA: Gak Nyangka, Takaaki Nakagami Punya Resep Unik, Biar Bagus Di Motor MotoGP)

Seremoni TMMIN capai 1 juta CBU untuk ekspor dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Wiodo
Otomotifnet/Harryt MR
Seremoni TMMIN capai 1 juta CBU untuk ekspor dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Wiodo

Editor : Joni Lono Mulia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa