Seluk-Beluk Mobil dan Motor Ramah Penyandang Disabilitas, Pakai SIM D

Parwata - Kamis, 3 Januari 2019 | 12:45 WIB
Ramah Penyandang Disabilitas Anything Is Possible
Gombak/OTOMOTIF
Ramah Penyandang Disabilitas Anything Is Possible

Otomotifnet.com - Penyandang disabilitas mendapat perhatian serius bukan hanya dari produsen otomotif.

Dalam keseharian, tak sedikit modifikator atau pebengkel yang memberi perhatian pada Anda yang mengalami hambatan.

Termasuk di mata hukum, punya hak yang sama. Tak heran, ada SIM D yang diperuntukkan bagi kalangan disabilitas dalam hal berkendara.

Seperti apa seluk-beluk perhatian terhadap penyandang disabilitas? Simak ulasan berikut, dimulai dari modifikasi motor

 MODIFIKASI MOTOR BERODA TIGA
JAKARTA - TANGSEL

Modifikasi Motor Roda 3
Istimewa
Modifikasi Motor Roda 3

Merombak motor menjadi trike, yang mengusung bentuk roda tiga ramai dilakoni oleh saudara-saudara penyandang disabilitas, khususnya yang punya kekurangan pada kaki.

Dimulai sekitar Jakarta dan Tangerang Selatan, ada 2 bengkel yang sudah lama berkiprah melayani teman-teman difabel, Doctor Matic di Jakarta dan Modifikasi Motor Roda 3 di Tangsel.

Untuk memodifikasi motor skutik hanya ditambahkan rangka belakang sebagai ‘rumah’ bagi as roda yang pusat penggeraknya nanti ada di ban belakang kanan.

Baca Juga : Enggak Mahal-Mahal Banget, Biaya Bikin Motor Jadi Tiga Roda, Kualitasnya Jempolan

“Ban yang bergerak dari mesin itu cuma ban kanan, ban kiri cuma dipasang bearing dan ikut muter saja,” tutur Supri, mekanik bengkel Modifikasi Motor Roda 3, yang beralamat di Jl. Wijaya Kusuma, Ciputat Timur, Tangsel, Banten.

Ternyata, Catur Bambang yang menjadi pemilik bengkel ini juga memiliki keterbatasan pada kakinya, ini yang menjadi awal baginya untuk membuat bengkel modifikasi khusus difabel.

Sama halnya dengan Ali Wardana, pemilik bengkel Doctor Matic di Jakpus. Ali tidak mengambil banyak keuntungan karena ia menilai pekerjaannya ini sebagai ‘proyek pahala’.

“Saya memang spesialis modifikasi motor matic aja, kebetulan order untuk motor roda tiga khusus difabel ini makin banyak dari dulu. Kita jadikan proyek pahala deh, makanya tidak mengambil untung banyak,” kata Ali.

Baca Juga : Bengkel Spesialis Skuter Matik Tiga Roda, Namanya Rwin Development

Di bengkel Doctor Matic, terdapat 3 jenis paket khusus modifikasi untuk difabel. Minimalis (Rp 11 Juta), Middle Class (Rp 15- Rp 25 juta), dan High Class (Rp 25- Rp 50 juta).

Harga bisa dibedakan tergantung kerumitan modifikasi, jenis motor, dan model yang akan ditentukan.

Kalau di Bengkel Modifikasi Roda Tiga hanya menghabiskan Rp 7 juta saja. “Kecuali kalau menambah girboks untuk gigi mundur, harus nambah biaya Rp 5 juta lagi,” pungkas Supri. DAB

Editor : Iday
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X