Untung Rugi STNK Kertas dan Elektronik, Mulai Bahan Sampai Harga Pembuatannya

Ignatius Ferdian - Senin, 4 November 2019 | 20:45 WIB
Bentuk fisik STNK saat ini dan rencananya akan diganti.
octa saputra/Otofemale.id
Bentuk fisik STNK saat ini dan rencananya akan diganti.

Otomotifnet.com - Setelah Smart SIM atau SIM Elektronik meluncur, kini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang menyiapkan STNK Elektronik atau e-STNK.

Menanggapi hal ini, Pemerhati transportasi Budiyanto menilai jika dibandingkan dengan STNK model kertas dan STNK elektronik keduanya jelas mempunyai kelebihan dan kekurangan.

"STNK yang diterbitkan sekarang dalam bentuk surat atau kertas tentunya keuntungan adalah biaya lebih ringan, baik yang ditanggung Negara maupun pemilik kendaraan," kata Budiyanto (4/10).

"Sementara kerugiannya jika masih berbentuk surat atau kertas yang jelas gampang sobek, lusuh, data cepat rusak atau akurasinya tidak terjamin secara maksimal," sambungnya.

(Baca Juga: STNK Berubah Dari Bahan Kertas Ganti Jadi Kartu, Seperti Ini Wujudnya)

Lain halnya dengan STNK elektronik, jika dilihat dari aspek biaya (faktor ekonomi) sudah dipastikan biaya yang dikeluarkan oleh Negara dan pemilik kendaraan akan lebih tinggi dalam beban biaya administrasi STNK dalam bentuk PNBP.

Budiyanto menambahkan, ada aspek keuntungan seandainya e-STNK bentuk kartu ini dibuat.

Sehingga mudah disimpan, modernisasi pencatatan dan penyimpanan data, ketahanan STNK terhadap lipatan dan cuaca serta tak mudah dipalsukan.

"Yang jelas Akurasi data terjamin,tidak gampang rusak dan lebih praktis sehingga aspek kualitasnya sangat terjamin," bebernya.

(Baca Juga: SIM atau STNK Ditahan Saat Operasi Zebra 2019? Cara Mengurus Datang ke Sini)

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X