Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ERP Segera Diterapkan di Jakarta, Pengamat : Harus Ada Sosialisasi Dulu

Ignatius Ferdian - Selasa, 19 November 2019 | 18:10 WIB
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) akan menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing ( ERP) di beberapa ruas jalan yang merupakan penghubung DKI Jakarta.
AsiaOne
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) akan menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing ( ERP) di beberapa ruas jalan yang merupakan penghubung DKI Jakarta.

Otomotifnet.com - Wacana mengenai jalan berbayar elektronik atau ERP untuk Jakarta dan sekitarnya kembali mengemuka.

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto memberi tanggapan, dari beberapa lembaga peneliti bahwa Jalan di Jakarta pada umumnya sudah mengalami over kapasitas.

Untuk itu, lanjut Budi, sudah selayaknya pemerintah membuat terobosan dengan melakukan pembatasan lalu lintas melalui jalan berbayar atau ERP.

"Dengan alasan pertimbangan tersebut kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah yang berupaya untuk membuat terobosan yang efektif untuk mengurai kemacetan dengan cara melakukan pembatasan lalu lintas dengan skema ERP," kata Budiyanto kepada di Jakarta (19/11).

(Baca Juga: Tol Sepanjang 2.700 Km Bakal Membelah Sumatera, Selesai Akhir Jabatan Jokowi)

Ia mengaku, kemacetan lalu lintas di kota Jakarta sangat sulit untuk dihindari mengingat perkembangan kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan pertumbuhan panjang jalan.

"Lima tahun terakhir pertumbuhan kendaraan bisa menyentuh kurang lebih 9 persen di satu pihak, di pihak lain pembangunan infrastruktur kurang lebih 0,01 persen ,terjadi situasi over capacity," kata Budiyanto

"Hal ini diperparah dengan tingkat disiplin pengguna jalan yang kurang penegakan hukum yang belum mampu memberikan efek jera," tegas mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya ini.

Karenanya lanjutnya perlu adanya uji coba agar sistem tersebut tidak sia-sia diberlakukan.

(Baca Juga: Ruas Jalan Penghubung DKI Jakarta Tak Gratis Lagi, Ini Daftarnya!)

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa