Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Industri Otomotif Raih Catatan Positif di Tengah Hantaman Covid-19, Naik Segini

Ignatius Ferdian,Harun Rasyid - Rabu, 29 April 2020 | 18:40 WIB
Ilustrasi manufaktur di pabrik mobil
Istimewa
Ilustrasi manufaktur di pabrik mobil

Otomotifnet.com - Di tengah tekanan pandemi Covid-19, nilai investasi industri pengolahan selama triwulan I tahun 2020 meraih angka positif

Dalam tiga bulan pertama di tahun ini, total penanaman modal sektor manufaktur di Indonesia mencapai Rp 64 triliun atau naik 44,7% dibanding capaian di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 44,2 triliun.

“Pada kuartal I tahun 2020 ini, nilai investasi industri manufaktur memberikan kontribusi yang signifikan, hingga 30,4 persen dari total investasi keseluruhan sektor Rp210,7 triliun,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangan resminya (27/4).

Agus menyebutkan, rincian nilai investasi sektor industri manufaktur pada periode tersebut berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebanyak Rp 19,8 triliun, serta penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 44,2 triliun.

Baca Juga: Pedagang Mobil Bekas Makin Loyo, PSBB Diperpanjang, Plus 'Dihantam' Larangan Mudik

"Jumlah nilai dari PMDN maupun PMA juga melonjak dibanding perolehan pada periode yang sama tahun 2019, yakni PMDN sekitar Rp 16,1 triliun dan PMA Rp 28,1 triliun," jelasnya.

Sementara itu, Industri Kendaraan Bermotor dan Alat Transportasi Lain juga berkontribusi sebagai sektor yang menyumbang nilai investasi dengan raihan positif pada kuartal I, yakni sebesar Rp 2,14 triliun.

Selain fokus mendorong industri manufaktur nasional tetap bergerak, Agus juga menekankan pentingnya upaya pencegahan Covid-19.

"Dalam kondisi saat ini, berbagai sektor industri juga harus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan. Dua sisi ini harus sejalan,” ucapnya.

Baca Juga: Xpander Cross dan XL7 Tumbangkan BR-V, Per Maret 2020 Diborong Segini

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa