Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sayonara DP Murah, Hanya Golongan Ini yang Boleh DP di Bawah 30%

Harryt MR - Senin, 25 Mei 2020 | 18:30 WIB
Kredit mobil ataupun motor kini harus setor hampir separuh harga jual. Hal ini sejalan dengan mitigasi resiko kredit macet
Istimewa
Kredit mobil ataupun motor kini harus setor hampir separuh harga jual. Hal ini sejalan dengan mitigasi resiko kredit macet

Otomotifnet.com - Seleksi ketat permohonan kredit kendaraan di tengah pandemi Covid-19 dijalankan oleh semua leasing. Alhasil uang muka alias DP (Down Payment) saat ini melonjak jadi 30-50%.

Sayonara DP murah, kredit mobil ataupun motor kini harus setor hampir separuh harga jual.

Hal ini sejalan dengan mitigasi risiko kredit macet. Tapi tenang, beli mobil dan motor baru saat ini tidak se-seram yang dibayangkan.

Pasalnya bagi anda yang masuk golongan fix income alias penghasilan tetap, maka dibolehkan setor DP di bawah 30%.

Seperti dijabarkan Arif Reza Fahlepi, Corporate Secretary & Legal Compliance Division Head PT Mandiri Tunas Finance (MTF). “Kalau fix income atau karyawan yang punya penghasilan tetap, bisa di bawah (30%),”

Baca Juga: Dampak Corona, Restrukturisasi Kredit MTF Capai Rp 5,13 Triliun

“Sedangkan yang non-fix income, seperti pengusaha dan wiraswasta diwajibkan setor DP minimal 30%,” terang Arif.

Klusterisasi tersebut merupakan upaya mitigasi risiko, yang perlu dilakukan di masa pandemi serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Fix income bisa mengukur kemampuan keuangan bulanan, artinya sudah pasti penghasilannya. Kalau wiraswasta kan lebih fluktuatif, apalagi di era seperti sekarang,” imbuhnya menjelaskan.

Alhasil kebijakan leasing menaikkan DP tidak mengikat, yang disesuaikan latar belakang keuangan calon debitor. “Iya, kita seleksi, agar tak terjadi risiko gagal bayar,” sambung Arif. 

Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa