Hankook Tire Kasih Trik Menekan Biaya Operasional Pada Pelaku Usaha

Andhika Arthawijaya - Jumat, 29 Mei 2020 | 22:00 WIB
Ilustrasi Truk dan Bus Scania untuk pelaku bisnis.
F. Yoshi / Otomotif
Ilustrasi Truk dan Bus Scania untuk pelaku bisnis.

Otomotifnet.com - Menyambut aktivitas ekonomi menyongsong program new normal, lalu lintas transportasi logistik diperkirakan akan kembali produktif seperti sebelum periode karantina.

Hal ini seiring para pelaku usaha yang mulai menjalankan kembali kegiatan operasional dan bisnisnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain beradaptasi dari aspek kesehatan, salah satu antisipasi krisis yang dilakukan para pelaku usaha adalah efisiensi biaya produksi pada aktivitas bisnisnya. 

Langkah efisiensi tersebut dapat diterapkan pada aspek transportasi sebagai bagian penting dalam manajemen rantai pasok dan logistik usaha.

Baca Juga: Hankook Tire Cegah Penyebaran Covid-19, Bagikan Masker Ke Tenaga Medis

Yaitu, dengan menganalisa kembali Biaya Operasional Kendaraan (BOK) bagi kendaraan niaga seperti truk, cargo, dan container.

Umumnya Biaya Operasional Kendaraan dikelompokkan menjadi biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variable cost).

Salah satu unsur biaya tidak tetap yang paling utama adalah konsumsi bahan bakar, konsumsi oli, dan pemakaian ban pada kendaraan. 

“Meskipun pemakaian ban termasuk dalam biaya tidak tetap dalam operasional kendaraan, ada sejumlah perhitungan dan strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menghemat biaya operasional kendaraan sejak tahap perencanaan biaya,” ujar Ahmad Juweni, National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa