Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Boros BBM Bukan Karena Mesin, Bobot Berlebih Bisa Jadi Sebab, Ini Alasannya

Radityo Herdianto,Ignatius Ferdian - Selasa, 9 Juni 2020 | 20:40 WIB
Ilustrasi mobil isi BBM
Sripoku.com
Ilustrasi mobil isi BBM

Otomotifnet.com - Konsumsi bahan bakar jadi bahan pertimbangan penting buat para pengguna mobil.

Karena boros iritnya konsumsi BBM berpengaruh langsung pada kondisi mesin dalam melakukan proses pembakaran di dalam ruang bakar.

Namun tak selalu dari mesin mobil, ada juga kebiasaan sepele yang kerap kali ditemukan bisa bikin mobil konsumsi boros BBM.

"Terutama untuk mobil 7 penumpang, biasanya cenderung sering diisi muatan berlebih karena yang penting masih muat," buka Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC).

Lanjut Adrianto, sejatinya dari pabrik mobil sudah memiliki spesifikasi load index atau batas beban muatan maksimal yang dapat dibawa mobil.

"Kalau diisi muatan berlebih berarti ada beban tambahan yang ditopang mobil dan dibawa untuk melaju dari kondisi diam," tekan Adrianto.

"Berarti mesin butuh kerja lebih keras untuk mengimbangi gerak mobil seperti normal, cenderung menginjak pedal gas lebih dalam atau sering pakai gigi rendah," terang Adrianto.

Menurut Adrianto, kondisi ini menyebabkan mesin selalu berada di putaran tinggi dimana proses pembakaran semakin besar yang juga memerlukan debit BBM lebih besar.

Baca Juga: Mobil Diesel Tenaga Loyo, Solar Kualitas Rendah Bisa Jadi Penyebab

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa