Laba Bersih Pertamina Rp 35,8 Triliun, Genjot Digitalisasi 5.518 SPBU

Harryt MR - Senin, 22 Juni 2020 | 23:05 WIB
Pertamina mensiagakan tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadan, Idul Fitri dan Covid-19 (RAFICO) 2020 yang bertugas di seluruh Indonesia
Pertamina
Pertamina mensiagakan tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadan, Idul Fitri dan Covid-19 (RAFICO) 2020 yang bertugas di seluruh Indonesia

Otomotifnet.com - Kinerja bisnis PT Pertamina sepanjang 2019, mencetak laba bersih sebesar USD 2,53 miliar, atau setara Rp 35,8 Triliun.

Pertamina pun diklaim mampu memberikan setoran dividen tunai sebesar Rp 8,5 Triliun.

Perusahaan pelat merah ini juga mencatat capaian positif dalam program digitalisasi SPBU. Sampai akhir tahun 2019, sebanyak 2.601 SPBU di Indonesia telah menerapakan digitalisasi.

Selanjutnya, tahun ini Pertamina bakal genjot 5.518 SPBU rampung menerapkan program digitalisasi.

“Capaian yang cukup menggembirakan terkait layanan digital juga terlihat dengan adanya 1,4 juta pengunduh baru MyPertamina sebagai digital channel Pertamina,” bilang Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina.

Baca Juga: Pertamina Bantah Premium Dihapus, Statusnya Masih Penugasan Pemerintah

Masih menurut Fajriyah, total kontribusi Pertamina ke negara sepanjang 2019 mencapai Rp 181,5 triliun yang terdiri dari Dividen, Pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kegiatan hulu migas dan geothermal, serta Signature Bonus.

Sepanjang 2019 Pertamina juga mampu menyelesaikan pembangunan 48 Pertashop, serta merampungkan pembangunan 161 titik BBM 1 Harga di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di seluruh Indonesia.

BBM 1 Harga yang telah dioperasikan Pertamina tersebar mulai dari wilayah 3T di Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali.

Dengan bertambahnya jaringan di seluruh wilayah tersebut menyebabkan meningkatnya volume penjualan BBM Pertamina, dari 49,62 juta kiloliter (KL) menjadi 51,31 juta KL.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Toncil

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa