Solar 100 Persen Sawit Selesai, Pertamina Lanjut Produksi Bensin dan Avtur Berbahan Sawit

Irsyaad Wijaya - Jumat, 17 Juli 2020 | 15:30 WIB
Pertamina siap produksi Bensin dan Avtur berbahan baku 100 persen sawit
Grid.id
Pertamina siap produksi Bensin dan Avtur berbahan baku 100 persen sawit

Otomotifnet.com - PT Pertamina (Persero) sukses memproduksi BBM Green Diesel (D100) atau solar yang berbahan baku 100 persen dari sawit.

Tak mau berhenti, Pertamina dikabarkan akan memproduksi lagi green energy lain seperti Green Gasoline (bensin dari sawit) dan Green Avtur (Avtur dari sawit) di kilang dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina memiliki tugas dan peran penting menjalankan amanah dari pemerintah untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Untuk itu Pertamina terus berupaya menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat berdampak luas bagi bangsa dan negara Indonesia.

Solar B30 Mulai Distribusi, Lebih Cepat Satu Bulan, Salurannya Khusus

Langkah ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya menghasilkan Bahan Bakar Nabati (BBN) dengan mendayagunakan sumber daya alam domestik untuk membangun ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi nasional.

"Pertamina menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah dan semua pihak agar Pertamina terus mengembangkan green energy seperti B30 dan B50 serta D-100," ujar Nicke di sela-sela kunjungan ke fasilitas pengolahan RBDPO di Kilang Dumai, Riau, (15/7/20).

"Pertamina telah menyelesaikan penyiapan kilang dan katalis merah putih, yang nantinya akan dilanjutkan dengan kajian keekonomian," lanjut Nicke.

Saat kunjungan ke Kilang Dumai, Wakil Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Budi Santoso Syarif mengatakan, selain Green Diesel saat ini Pertamina juga tengah mengembangkan BBN lain berbahan sawit yaitu Green Gasoline (bensin) dan Green Avtur.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Nugraha

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa