Kemenperin AMMDes Digimodz, Kompetisi Hasilkan Alat Angkut Multiguna

Harryt MR - Jumat, 4 September 2020 | 20:00 WIB
AMMDes resmi dijual, dengan banderol harga Rp 60-70 juta.
Harryt
AMMDes resmi dijual, dengan banderol harga Rp 60-70 juta.

Otomotifnet.com - Guna memacu inovasi produk AMMDes, Kemenperin (Kementerian Perindustrian) menggandeng PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes, serta National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menghajat kembali kompetisi bertajuk 'Kemenperin AMMDes Digimodz'.

Kompetisi digital modifikasi ini bertujuan merangkul inovasi kreatif anak bangsa, dalam konteks pengembangan AMMDes (Alat Mekanis Mutiguna Pedesaan).

Hal tersebut ditegaskan Taufiek Bawazier, selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin (4/9).

AMMDes merupakan alat multifungsi yang bisa membantu hampir semua pekerjaan dan kebutuhan mekanis masyarakat pedesaan,"

"Saat ini, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai lebih dari 40 persen dan diproduksi langsung di dalam negeri,” terang Taufiek.

Ekspor Perdana Mobil Pedesaan KMW-AMMDes, Dikapalkan Ke Nigeria

Ia melanjutkan, beberapa aplikasi AMMDes yang telah diciptakan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, di antaranya berfungsi sebagai perontok multiguna, pengupas gabah, pemoles beras.

Serta pompa irigasi, pengolah kopi, pembangkit listrik, penjernih air, pembuat es, pasca-panen pisang, pengumpan ambulans (ambulance feeder).

Bahkan, telah dirilis AMMDes dengan aplikasi water tank dan firefighter yang dapat digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan.

Aplikasi ini dirancang untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Keberadaan AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah. Hal ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,” ujarnya lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Toncil

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa