Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Jangan Dianggap Sepele, Ketahui Alasan Mengapa Mesin Mobil Cepat Panas

Yussy Maulia - Jumat, 11 Desember 2020 | 10:05 WIB
Ilustrasi indikator mesin overheat di mobil.
Ilustrasi indikator mesin overheat di mobil.

Otomotifnet.com – Apakah Anda pernah melihat atau mendengar kasus mobil yang tiba-tiba terbakar di jalan raya? Salah satu penyebabnya adalah temperatur mesin yang tinggi atau overheat.

Kenaikan suhu mesin yang drastis ini dapat memicu percikan api, hingga menimbulkan kebakaran. Hal ini tentu sangat membahayakan, apalagi jika mobil sering digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Selain memicu kebakaran, temperatur mesin yang tinggi juga dapat merusak komponen-komponen di dalamnya Akibatnya, mesin mobil bisa mogok secara tiba-tiba.

Oleh karenanya, masalah mesin mobil yang cepat panas ini tidak boleh disepelekan. Anda perlu mengetahui apa penyebabnya.

Baca Juga: Mobil Bekas Mau Diboyong, Evaporator AC Wajib Diperiksa, Begini Caranya

Berikut ini adalah penyebab-penyebab mengapa mesin mobil cepat panas yang disampaikan oleh Kepala Bengkel Auto2000 BSD City, Pak Wahono dalam video Tanya Auto melalui kanal Youtube Auto2000.

1. Radiator rusak atau bocor

Radiator memegang peranan penting dalam menstabilkan suhu mesin agar tidak terjadi overheat. Itulah sebabnya, kondisi radiator tidak boleh diabaikan begitu saja.

Kebocoran air pada selang radiator bisa menyebabkan mesin mobil cepat panas, sebab air yang berfungsi untuk menyerap panas justru mengalir keluar dari mesin radiator.

Umumnya, hal ini terjadi karena umur mobil yang sudah cukup tua. Jika Anda bisa mendeteksi dimana letak kebocorannya, potong bagian selang yang bocor dan sambungkan kembali. Gunakan cara ini sementara Anda menunggu waktu yang tepat untuk membawa mobil ke bengkel resmi.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa