Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenhub Adakan Sosialisai Terkait Konversi ke Motor Listrik, Ini Program-programnya

M. Adam Samudra,Ignatius Ferdian - Rabu, 9 Desember 2020 | 19:20 WIB
Project Zero motor listrik buatan Yatri Motorcycle
electric vehicle we
Project Zero motor listrik buatan Yatri Motorcycle

Otomotifnet.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru-baru ini mensosialisasikan konversi motor listrik berbasis baterai (9/12/2020).

Sampai saat ini Kemenhub juga terus menyosialisasikan Peraturan Menhub (Permenhub) No. 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Permenhub ini merupakan upaya Kemenhub khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) untuk mendukung transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Juga bermaksud menekan emisi kendaraan bermotor yang semakin tinggi di sejumlah kota besar.

Baca Juga: Ribuan Kendaraan Listrik di Indonesia Lulus Uji Tipe, Kini Sudah Ada STNK-nya

Hal itulah yang disampaikan Dewanto Purnacandra selaku Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Transportasi Jalan.

“Tren dunia sekarang sudah mengarah ke hemat energi. Dan kendaraan pun sudah beralih ke hemat energi dan yang tidak menghasilkan polusi," kata Dewanto melalui keterangan resminya (9/12/2020).

Dewanto mengaku, ini adalah kesempatan Indonesia untuk mengambil alih dunia otomotif, paling tidak bisa bersaing dengan negara maju yang sudah lebih dulu memiliki teknologi kendaraan bermotor dengan penggerak motor bakar.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, maka perlu dilakukan konversi motor dengan penggerak motor bakar menjadi motor listrik berbasis baterai.

Baca Juga: Motor Sport Listrik Murah Meriah, Mirip Yamaha R25, Cuma Rp 16 Jutaan

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa