Konsultasi OTOMOTIF : Ertiga Persnelingnya Nahan Saat Pindah Gigi

Andhika Arthawijaya - Minggu, 10 Januari 2021 | 23:20 WIB
Ilustrasi Suzuki Ertiga GX
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi Suzuki Ertiga GX

Otomotifnet.com - Selamat pagi OTOMOTIF. Saya mau tanya, kenapa pada saat pindah persneling dari gigi 2 ke gigi 1 (rpm di 1.000-2.000an), terasa ada yang menahan? Tapi rpm di bawah itu, persneling berjalan secara normal?

Hal tersebut sangat mengganggu ketika ditanjakan waktu harus cepat pindah ke gigi 1.

Soalnya saya pernah salah oper gigi sebelumnya. Seharusnya dari gigi 3 ke 4, tapi saya malah dari 3 ke 2. Apakah itu bisa jadi awal problemnya? 

Lalu oli transmisinya seharusnya diganti di km 88 ribu? Mobil saya Suzuki Ertiga GX M/T 2013 (bekas), km sudah 84 ribu. Terima kasih!

Gede Hadi Saputra, via email

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF : Bagaimana Cara Hilangkan Cipratan Semen Di Bodi

Pagi juga Mas Hadi. Mengenai permasalahan yang Anda hadapi pada sistem transmisi Suzuki Ertiga GX M/T, ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan hal itu.

Pertama, bisa jadi saat perpindahan gigi, tuas kopling kurang ditekan maksimal, sehingga kampas kopling masih bergesekan dengan dekrupnya.

Kemungkinan lain, switch di peda kopling macet. Switch tersebut berfungsi untuk mengurangi semprotan bensin di injector saat pedal kopling diinjak.

Bila switch itu macet, otomatis injector tidak menyemprot bensin dengan normal (mode irit), sehingga rpm tidak cepat turun untuk memudahkan pergantian gigi. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa