Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Otomotifnet dengan Honda


Skutik Besar Otomotifnet

Mengulik 4 Hal yang Bikin Honda PCX 160 Jadi Salah Satu Pemenang Otomotif Award 2021

Nana Triana - Senin, 3 Mei 2021 | 15:02 WIB
Honda PCX 160 memiliki karakter yang lebih ringan dan lincah, sehingga pas juga buat harian dan berkendara di perkotaan
Dok. AHM
Honda PCX 160 memiliki karakter yang lebih ringan dan lincah, sehingga pas juga buat harian dan berkendara di perkotaan

Otomotifnet.com – Sebagai generasi terbaru, Honda PCX 160 mendapat respons positif dari masyarakat di Tanah Air. Hal itu dibuktikan dengan tingginya angka pesanan matik besar besutan pabrikan otomotif asal Jepang tersebut.

Salah satu main dealer sepeda motor Honda, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) mencatat, lima hari sejak diluncurkan, jumlah pemesanan Honda PCX 160 di wilayah Jakarta dan Tangerang sudah mencapai lebih dari 1.000 unit.

Tidak hanya itu, skuter matik (skutik) premium yang baru diluncurkan pada awal tahun tersebut, baru saja menyabet gelar Bike Bike of the Year pada ajang Otomotif Award 2021 yang diselenggarakan Tabloid Otomotif, Sabtu (24/4/2021).

Marketing Director PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya menyampaikan apresiasi kepada para pecinta sepeda motor di Tanah Air atas penerimaan yang baik terhadap All New Honda PCX 160.

Baca Juga: Disebut Honda Sebagai Matik Besar Sesungguhnya, Begini Pembuktian Honda PCX 160!

Penghargaan tersebut, lanjut Thomas, memotivasi AHM untuk terus menghadirkan produk dan layanan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

"Dengan pencapaian ini, kami berharap dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara para pecinta skutik premium yang menyukai sensasi berkendara nyaman dengan teknologi tinggi," kata Thomas.

Lantas, apa saja yang mendasari Honda PCX 160 berhasil meraih gelar Bike of The Year versi Tabloid Otomotif? Yuk, simak ulasannya seperti berikut ini.

  1. Desain elegan dan mewah

Honda PCX 160 dibekali dengan tampilan desain yang mewah dan dinamis memberikan ekspresi berkelas tinggi dan semakin mendukung gaya pengendaranya.

Baca Juga: Honda PCX Jadi 200 Cc, Piston 66 Mm, Pengapian Shooter, Tenaga 18 Dk!

Di bagian lampu depan terlihat lebih modern dan elegan. Tak lagi pakai garis kurva sebagai pemisah lampu. Semua dibuat menyatu, mulai dari ujung lampu sein sampai headlight. Posisi lampu dibuat horizontal dan melebar, selaras dengan desain keseluruhan.

Lalu, bentuk lampu belakang pun tak kalah tajam, dengan siluet huruf 'X' saat lampu rem menyala. Kesan cahaya efek tiga dimensi dihadirkan pada desain lampu belakang skutik premium ini. 

Sementara itu, di bagian emblem Honda PCX dan roda disematkan aksen warna gold, membuat Honda PCX sebagai Matik Besar sesungguhnya yang terlihat gagah. Ukuran ban dibuat lebih besar untuk sensasi berkendara yang lebih halus dan aman.

Redaktur R2 Tabloid Otomotif Antonius Yulianto yang juga menjadi juri dalam ajang penghargaan tersebut mengatakan, sulit untuk mencari celah dari tampilan All New PCX 160.

“Bisa dikatakan All New Honda PCX 160 memiliki desain sempurna. Dari depan sampai belakang garis bodinya konsisten dinamis dan sangat kuat kesan mewahnya khas PCX,” kata Aant saat dimintai keterangan mengenai aspek yang membuat matik besar tersebut menang Bike of The Year 2021.

Baca Juga: Reset Indikator Pengingat Ganti Oli Honda PCX 160, Cukup Mudah, Bisa Sendiri

  1. Performa responsif dan lebih irit

Selain desain, Honda PCX 160 juga dinilai unggul dari segi mesin. Motor ini dibekali mesin hingga 160cc. Body membesar jadi 28 milimeter (mm), dan didukung konstruksi filter udara baru sehingga pasokan udara lebih maksimal.

Hasilnya, mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 15,8 daya kuda (dk) pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimal 15 Nm pada 6.500 rpm. Tak heran jika kini, akselerasinya jauh lebih baik.

Istimewanya lagi, kendati performa mesin eSP+ ini lebih baik, tapi konsumsi bensin justru lebih irit.

“Honda PCX 160 memiliki mesin terbaik di kelasnya. Meski memiliki torsi yang besar, tetap irit bahan bakar. Dari hasil test ride, untuk penggunaan harian rata-rata dapat 42,2 kilometer (km) per liter,” jelas Aant.

Baca Juga: PCX 160 Tampil Kece, Pakai Windshield Carbon, Mulai Rp 200 Ribuan

  1. Fitur dan teknologi terbaik

Selain desain dan performa, fitur dan teknologi juga menjadi salah satu parameter penilaian Bike of The Year 2021. Seperti diketahui, Honda PCX 160 juga merupakan matik besar yang punya  fitur keselamatan  mumpuni, yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Fitur HSTC merupakan sistem pengendali torsi mesin untuk menjaga agar laju motor tetap stabil. Fitur tersebut bekerja dengan cara menyeimbangkan putaran roda sehingga mencegah terjadinya selip pada ban saat melewati jalan yang licin.

Sementara, untuk sistem pengereman dibekali dengan anti-lock braking system (ABS) sehingga roda motor tidak mengunci saat rem mendadak.

Fitur keamanan lainnya yang dimiliki oleh Honda PCX 160 adalah Honda Smart Key System. Fitur ini dilengkapi dengan anti-theft alarm dan answer back system untuk mempermudah mencari posisi motor di lokasi parkir.

Baca Juga: All New Honda PCX 160 Terbaik di Medium Skutik 150-160 cc OTOMOTIF Award 2021

Penyempurnaan juga bisa ditemui di bagian laci yang muat botol air minum 600 mililiter (ml), di dalamnya power outlet 5 volt 2,1 ampere kini jadi model USB charger, sehingga memudahkan saat akan isi ulang baterai ponsel.

Panel instrumen juga disegarkan dan disempurnakan. Ukurannya diperbesar dan layout-nya diubah, sehingga lebih enak dilihat.

Informasi yang ditampilkan pun semakin lengkap, selain ada indikator HSTC, kini juga ada pengingat ganti v-belt menemani pengingat ganti oli.

Selain itu, Honda PCX 160 memiliki kapasitas bagasi yang luas mampu hingga 30 liter. Fitur ini tentunya sangat menunjang kegiatan sehari-hari, terlebih di masa pandemi yang membuat pengendara perlu membawa banyak perlengkapan sanitasi.

Baca Juga: Remote Keyless Honda PCX 160 Baterai Bisa Lebih Awet, Cukup Dengan Cara Ini

Menariknya lagi, untuk memudahkan pengguna saat membuka bagasi, Honda PCX dilengkapi fitur seat stopper untuk menahan supaya bagasi tetap terbuka. Dengan begitu pengguna tidak repot menahan jok motor ketika merapikan barang bawaan.

Kapasitas tangki bensin pun bertambah dari 8 menjadi 8,1 liter sehingga daya jelajah dalam sekali isi bensin bisa lebih jauh.

“Fitur-fitur tersebut juga menjadi pertimbangan motor ini dinobatkan sebagai Bike of The Year,” tambah Aant.

  1. Posisi berkendara yang nyaman

Berada di segmen skutik premium, kenyamanan berkendara menjadi salah satu poin utama yang akan Anda dapatkan ketika mengendarai skutik besar satu ini. 

Selain itu, pijakan kaki yang lebar membuat pengendara memposisikan kaki sesuai keinginan. Mulai dari menekuk 45 derajat sampai selonjoran.

Baca Juga: AHM Berbagi Tips Berkendara Aman dan Tetap Stylish untuk Perempuan

Hal ini juga membuat pengendara tidak mudah pegal saat melakukan perjalanan. Apalagi jok yang lebar dan tebal membuat pengendara nyaman dan tidak mudah merasa panas saat di perjalanan.

Tidak hanya itu, dirancang dengan rangka baru membuat skutik besat satu ini, semakin ringan dan lincah saat dikendarai. Oleh karena itu, Honda PCX 160 cocok digunakan oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita.

“Honda PCX 160 memiliki karakter yang lebih ringan dan lincah, sehingga pas juga buat harian dan berkendara di perkotaan,” ujar Aant.

Itulah ulasan keempat hal yang membuat Honda PCX 160 menyandang gelar Bike of The Year 2021. Cek spesifikasi lengkap motor ini di situs resmi Astra Honda Motor.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa