Penerapan Standar Euro 4 Diesel Diundur 2022, Begini Strategi Isuzu

Harryt MR - Selasa, 4 Mei 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi mesin Isuzu mu-X
Dok OTOMOTIF
Ilustrasi mesin Isuzu mu-X

Otomotifnet.com - Sebagai catatan, penerapan Euro 4 sejatinya mulai berlaku April 2021, namun lantaran dihantam pandemi Covid-19, pemerintah memutuskan untuk menunda hingga 7 April 2022.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyatakan kesiapannya mengimplementasi standar emisi gas buang Euro 4 Diesel.

“Kami sangat siap. Karena sejak 2011, kendaraan Isuzu sudah menggunakan teknologi common rail yang kompatibel dengan BBM solar Euro 4,” ungkap Tonton Eko, Product Development Division Head IAMI, dalam diskusi virtual (28/4).

Masih menurut Tonton, pihaknya telah menyiapkan produk, layanan after sales dan fasilitas pendukung guna menyongsong penerapan Euro 4 Diesel.

Baca Juga: Sejarah Isuzu Panther Yang Kini Resmi Pensiun, Mengaspal Sejak 1991

Lebih lanjut Ia mengatakan, Isuzu Giga sudah memiliki mesin common rail sejak 2011, Elf pada 2018, dan Traga pada 2019 yang juga telah diekspor.

“Untuk layanan purna jual servis dan suku cadang, Isuzu diperkuat 2.403 part shop, 45 bengkel mitra Isuzu, dan 139 unit bengkel Isuzu Berjalan,” bebernya.

Masih menurut Tonton, pihaknya menargetkan, tahun depan akan mengekspor Traga sekitar 5-6 ribu unit. Sebelumnya, Traga sudah dikapalkan sebanyak 2.689 unit, dengan nilai total ekspor sekitar US$ 28 juta atau setara Rp 404 miliar (kurs Rp 14.500).

Ia melanjutkan, penerapan standar emisi Euro 4 juga ditopang lini produksi. Artinya, mulai 7 April 2022, seluruh pabrikan harus memproduksi unit yang sesuai standar Euro 4, standar yang berlaku secara global.


Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa