Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Mengintip Keunggulan Yamaha MT-15 dan XSR 155, si Kembar yang Jadi Juara di Otomotif Awards 2021

Yussy Maulia - Minggu, 6 Juni 2021 | 12:10 WIB
Yamaha MT-15 dan XSR 155, dua motor sports naked unggulan Yamaha.
Yamaha
Yamaha MT-15 dan XSR 155, dua motor sports naked unggulan Yamaha.

Otomotifnet.com – Saat ini, motor bergaya naked sport menjadi pilihan bagi mereka yang ingin tampil keren dan berbeda saat berkendara.

Selain tampilannya yang maskulin, motor naked sport juga mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup besar. Handling-nya pun lebih ringan dibanding motor sport full fairing.

Dari sekian banyak merk motor naked sport yang beredar di Tanah Air, Yamaha MT-15 dan XSR 155 menjadi dua yang tidak asing bagi para penggemar kendaraan roda dua di kelas tersebut.

Keduanya merupakan motor naked sport dengan kubikasi mesin 150 cc yang jadi jagoan Yamaha.

Baca Juga: Yamaha MT-15 Disegarkan dengan Dua Warna Baru, Segini Harganya

Belum lama ini, tepatnya Sabtu (24/4/2021), keduanya membuktikan keunggulan dalam ajang Otomotif Awards 2021 yang digelar Tabloid Otomotif.

Dalam ajang penghargaan tersebut, Yamaha MT-15 berhasil menyabet gelar Best Sports Naked 2021. Sementara itu, Yamaha XSR 155 dinobatkan sebagai Best Sports Retro 2021.

Yamaha MT-15 menyabet gelar Best Sports Naked 2021 dan Yamaha XSR 155 dinobatkan sebagai Best Sports Retro 2021.

Menurut Manager Public Relations, YRA, and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, penghargaan tersebut menjadi pembuktian keunggulan produk sport Yamaha yang terus berinovasi dan mengikuti perkembangan tren.

“Kami selalu berupaya menghadirkan produk-produk berkualitas dan sesuai kebutuhan konsumen di kategori sport dengan desain, fitur, teknologi, dan performa terbaik,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Otomotifnet, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Yamaha Adakan XSR 155 Motoride, City Touring Sambangi Builder

Sebagai informasi, Yamaha MT-15 merupakan salah satu motor MT series Yamaha. Motor yang menyandang gelar Master of Torque ini memiliki desain kokoh dan agresif yang kental dengan karakter seri MT.

Kesan tersebut tercipta berkat garis tegas dengan detail sudut yang tajam, terutama di bagian tangki dan air shroud. Desain lampu depan juga dibuat menyipit dengan dual position. Teknologi projector LED membuat wajah motor naked sports ini semakin sangar.

Sementara itu, XSR 155 merupakan salah satu motor sports heritage dengan desain klasik retro yang dipadukan dengan fitur dan teknologi modern. Desain lampunya dibuat bulat untuk mempertegas konsep klasik retro.

Berbeda dengan Yamaha MT-15 yang memiliki model jok menyatu dan panjang sehingga memberikan ruang duduk lebih luas, XSR 155 menggunakan desain jok single-seat yang stylish tetapi tetap nyaman.

Baca Juga: XSR 155 Tampil Eye Catching, Pelek Jari-Jari, Dilabur Biru Cerah

Meski memiliki tampilan luar yang berbeda, keduanya disebut-sebut sebagai “kembaran” karena memiliki beberapa kesamaan dari segi mesin dan fitur. Berikut penjelasannya.

Mesin 155 cc dengan performa tinggi

Dirilis pada tahun yang sama pada 2019, Yamaha MT-15 dan XSR 155 memiliki konfigurasi mesin yang sama.

Baik Yamaha MT-15 maupun XSR 155 dibekali mesin fuel injection berkapasitas 155 cc SOHC dengan empat katup, serta transmisi 6-percepatan manual yang dilengkapi sistem pendingin cair.

Selain itu, dukungan variable valve actuation (VVA) menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin. Kedua motor tersebut mampu menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm dengan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm.

Baca Juga: Yamaha MT-15 Ditawari Proteksi Bodi Hayaidesu, Dari Karet, Harga Segini

Performa mesin tersebut juga didukung oleh fitur assist and slipper clutch (ASC). Kopling terasa ringan dan perpindahan gigi lebih halus sehingga akselerasi lebih lincah.

Pada Yamaha MT-15, disematkan teknologi DiAsil cylinder dan forged piston sehingga mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat, dan ringan.

Fitur pelengkap untuk kenyamanan berakselerasi

Berakselerasi dengan Yamaha MT-15 dan XSR 155 juga lebih lincah serta nyaman berkat sejumlah fitur pelengkapnya.

Bagian kaki-kaki depan dilengkapi suspensi upside down (USD). Selain meningkatkan handling serta kenyamanan dalam berkendara, tampilan motor juga menjadi lebih gagah.

Baca Juga: Yamaha XSR 155 Classic Tapi Mewah, Carbon Kevlar Bisa Dipilih

Berkendara pun terasa lebih stabil berkat suspensi monoshock dengan aluminum swing arm di bagian belakang. Karena pakai basis yang sama, keduanya sama-sama menggunakan rangka Delta Box yang terbukti kuat dan kokoh.

Yamaha XSR 155 menggunakan ban berjenis dual purpose yang dirancang untuk mobilisasi di berbagai kondisi jalanan. Ukurannya 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang.

Sementara, Yamaha MT-15 menggunakan ban tubeless untuk mendukung kenyamanan berakselerasi di jalanan beraspal.

Keduanya memiliki full LCD digital speedometer yang sudah dilengkapi teknologi multi-information display (MID). Informasi yang disediakan pada panel tersebut meliputi kecepatan, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan jarak tempuh.

Baca Juga: Yamaha XSR 155 Bikin Nyaman, Tiga Monosok Ini Bisa Jadi Pilihan

Namun, desain speedometer dibuat sesuai karakter motor. Pada Yamaha MT-15, digital speedometer berbentuk persegi untuk mendukung gaya yang sporty. Sementara pada XSR 155 dibuat bulat sehingga menambah kesan retro.

Hadir dengan warna dan style baru

Untuk memperkuat karakter masing-masing motor, Yamaha pun menghadirkan warna baru yang lebih variatif pada Yamaha MT-15 dan XSR 155.

Pada April 2021, Yamaha menghadirkan dua varian warna baru untuk Yamaha MT-15, yakni Metallic Dark Grey dan Metallic Blue.

Ditambah dengan velg warna oranye dan grafis yang bergaya agresif, kedua warna tersebut kian memperkuat karakter sporty MT-15.

Baca Juga: Yamaha MT-15 Dapat Tiga Warna Baru, Tampak Macho, Cocok Jadi Inspirasi di Indonesia

Menurut Antonius, penyegaran ini juga menjadi langkah Yamaha untuk terus memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah.

“Karakteristik MT series yang sangar dan agresif, serta trendy selalu mengikuti keinginan pasar, semuanya terpenuhi pada tampilan terbaru MT-15 ini,” ungkap Antonius.

Menyusul MT-15, Yamaha XSR 155 juga hadir dengan warna baru, yakni Matte Green yang diperkenalkan pada Mei 2021.

Antonius menyebut, inspirasi warna Matte Green dilatarbelakangi oleh konsep Wanderlust Nature, yakni keinginan untuk berkelana di alam.

Baca Juga: Yamaha XSR 155 Bisa Dirombak Ala Tracker Sampai Café Racer, Tanam Aksesoris Resmi Ini

Hal itu sejalan dengan konsep desain XSR 155, “Born to be free”, yang artinya kebebasan untuk memenuhi hasrat mengembara para pemotor dengan tetap mempertahankan tampilan berkendara yang stylish.

“XSR 155 Matte Green ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tampil beda saat mengeksplorasi keindahan alam dan menambah kepercayaan diri, riding dengan motor Best Sport Retro 2021 ini,” kata Antonius.

Untuk menambah gaya sesuai karakter pengguna XSR 155, Yamaha pun menyediakan aksesoris tipe sport heritage, tracker version, dan café racer. Saat ini aksesori tersebut sudah bisa dipesan di dealer-dealer resmi Yamaha.

Soal harga, kedua varian baru ini dibanderol dengan harga yang berbeda. Untuk Yamaha MT-15 varian Metallic Dark Grey dan Metallic Blue dipasarkan dengan harga Rp 37.130.000 on the road (OTR) Jakarta.

Sementara itu, untuk Yamaha XSR 155 varian Matte Green dipasarkan seharga Rp 36.580.000 OTR Jakarta.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya seputar spesifikasi, tipe, hingga pemesanan, kunjungi laman resmi Yamaha di tautan ini.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa