Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Truk Logistik Dialihkan Masuk Tol Selama PPKM Darurat, Pengusaha Babak Belur

M. Adam Samudra,Irsyaad Wijaya - Kamis, 8 Juli 2021 | 14:00 WIB
Penyekatan di jalan tol
Jasa Marga
Penyekatan di jalan tol

Otomotifnet.com - Sektor transportasi logistik ikut terkenda dampak dari kebijakan PPKM Darurat yang berlaku dari 3-20 Juli 2021.

Agus Praktiknyo, Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi & Logistik DPD Aptrindo Jateng & DIY membeberkan dampak kerugian bagi pengusaha transportasi logistik ini.

"Semenjak ada kebijakan PPKM Darurat ini saya melihat banyak keluhan di sepanjang jalur Pantura dari arah Barat, tengah hingga Timur dan sebaliknya banyak sekali adanya penyekatan dan pengalihan," kata Agus, (5/7/21).

Menurut Agus, hal ini berimbas juga terhadap perjalanan truk yang menuju ke beberapa tujuan masing-masing.

"Semua truk dialihkan masuk ke tol untuk memperlancar perjalanan, sebagai pengusaha truk dengan solusi pengalihan masuk tol itu berat sekali buat kami, karena biayanya otomatis jadi bengkak," tuturnya.

Baca Juga: Jasa Marga Tambah Titik Penyekatan Jalan Tol Selama PPKM Darurat, Total Jadi 11

Ilustrasi truk logistik selama PPKM Darurat dialihkan masuk jalan tol.
Kompas.com
Ilustrasi truk logistik selama PPKM Darurat dialihkan masuk jalan tol.

Agus mencontohkan, jika penerapan PPKM berlaku dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 yang ada pengusaha angkutan logistik bisa merugi.

"Jika semua truk masuk jalan tol bisa babak belur kita. Jakarta-Surabaya biaya tol-nya kurang lebih Rp 1 juta, Jakarta-Semarang kurang lebih Rp 500 ribu. Jika ini tidak ada insentif dari pemerintah ini lama-lama bisnis kami babak belur," tegasnya.

"Siapa yang mau tanggung? customer gak ada yang mau tahu. Untuk itu kita mendorong agar pemerintah mengingatkan ke pihak jalan tol untuk memberikan keringanan insentif baik 50 persen atau gratis saat masuk tol," ucapnya.

 

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa