Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

PPKM Darurat Tapi Harus Bepergian? Ini Syarat Yang Harus Dilengkapi

Panji Nugraha - Minggu, 4 Juli 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi perjalanan jauh saat PPKM Darurat
F Yosi/Otomotifnet
Ilustrasi perjalanan jauh saat PPKM Darurat

Otomotifnet.com - Selama Penerapan PPKM Darurat, pemerintah mewajibkan bagi semua warganya yang akan melakukan perjalanan jauh untuk menyertakan kartu vaksin, minimal dosis pertama selain hasil tes negatif dari antigen atau PCR.

Syarat ini wajib dilengkapi bagi pengguna transportasi pesawat, bus, kapal laut dan kereta selama PPKM Darurat yang sudah dimulai sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Sedangkan untuk pelaku perjalanan di wilayah aglomasi seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi apakah juga wajib dilengkapi kartu vaksin dan hasil tes negatif juga?

Tentu ini jadi pertanyaan dari masyarakat yang masih harus melakukan mobilitas di masa PPKM Darurat, pasalnya masih banyak pekerja dari Jakarta dan berasal dari daerah penyangga.

Baca Juga: Anti Bengong Selama PPKM Darurat, Rawat Motor Aja, Ini Poin-poin Pentingnya

Menteri Koordinator (Menko) Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bila kartu vaksin hanya digunakan bagi perjalanan jarak jauh, dan dikecualikan bagi pengguna transportasi umum di wilayah aglomerasi.

"Pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi di wilayah aglomerasi juga dikecualikan dari syarat menunjukkan kartu vaksin,"

"Mobilitas dengan transportasi umum di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek dan masih mengikuti ketentuan yang ada saat ini," kata Menko Luhut dalam keterangan resminya, Kamis (1/7/2021).

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan bila aglomerasi merupakan kesatuan wilayah yang terdiri dari beberapa pusat kota dan kabupaten yang saling terhubung.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa