Tantangan dan Peluang Pasar Otomotif 2021, Harusnya Masih Ada Peluang

Harryt MR - Rabu, 28 Juli 2021 | 21:20 WIB
Potensi pengembangan industri otomotif Indonesia menjadi pasar terbesar kendaraan bermotor di ASEAN dari sekitar sembilan negara, dengan kontribusi 32 persen
Dok.OTOMOTIF
Potensi pengembangan industri otomotif Indonesia menjadi pasar terbesar kendaraan bermotor di ASEAN dari sekitar sembilan negara, dengan kontribusi 32 persen

Otomotifnet.com - Tak dipungkiri, imbas diberlakukan PPKM Darurat maka proyeksi penjualan mobil tahun ini bakal terkoreksi.

Meski begitu, hal tersebut harap dimaklumi, mengingat kesehatan masyarakat merupakan hal utama guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Oke jika kondisi ini diposisikan sebagai tantangan, maka harusnya masih ada peluang. Nah peluang di masa pandemi meskipun sulit, setidaknya masih ada titik terang.

Yakni lewat stimulus pasar mobil oleh Pemerintah, melalui relaksasi PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah).

Baca Juga: Fakta Penjualan Motor Saat Pandemi, Skutik Tetap Jadi yang Terlaris

Relaksasi PPnBM 100% pun telah diperpanjang hingga Agustus 2021 guna menstimulus pasar otomotif nasional di tengah pandemi.

Dukungan ini diharapkan dapat direspon positif oleh pasar seiring telah keluarnya PMK (Peraturan Menteri Keuangan) pada akhir Juni 2021.

Secara nasional, pasar ritel otomotif pada Juni 2021 mencatatkan torehan di kisaran 65 ribu unit, atau naik sebesar 2,5% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sebanyak sekitar 64 ribu unit.

Kenaikan serupa juga terjadi pada pasar wholesales nasional, yang mencatatkan capaian kisaran 72 ribu unit, atau naik sebesar 32,7% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 54 ribu unit.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa