Pemerintah Perpanjang Diskon 100 Persen PPnBM DTP Hingga Agustus 2021

Harryt MR - Minggu, 13 Juni 2021 | 11:15 WIB
Diskon PPnBM 100 persen diperpanjang hingga Agustus 2021. Terendus adanya peningkatan penjualan mobil baru
Dok. Otomotif
Diskon PPnBM 100 persen diperpanjang hingga Agustus 2021. Terendus adanya peningkatan penjualan mobil baru

Otomotifnet.com - Pemerintah memutuskan memperpanjang diskon 100% PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah) hingga Agustus 2021.

Artinya, diskon PPnBM yang semula masuk periode II dengan potongan 50%, kini dihapuskan atau balik lagi menjadi diskon 100% PPnBM. Berlaku seperti halnya di awal Maret 2021, diperpanjang hingga Agustus 2021.

Perpanjangan pemberian insentif PPnBM DTP diusulkan oleh Menperin, dan telah disetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (11/06/2021).

Melalui keterangan tertulis Kemenperin (13/6/2021), pemerintah terus berupaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dengan menjalankan berbagai kebijakan strategis.

Baca Juga: Singgung Relaksasi PPnBM, Menkeu Sri Mulyani Pede Penjualan Mobil Naik

Salah satu upayanya melalui pemberian insentif fiskal berupa penurunan tarif PPnBM DTP untuk kendaraan bermotor.

“Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi,”

“Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” papar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian.

Kemenperin mencatat, hingga saat ini potensi sektor otomotif didukung 21 perusahaan, dengan total kapasitas mencapai 2,35 juta unit per tahun, dan serapan tenaga kerja langsungnya 38 ribu orang.


Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa