MK Punya Putusan Baru, Konsumen dan Leasing Lebih Baik Bicara Sejak Awal

Toncil - Selasa, 7 September 2021 | 21:00 WIB
Ilustrasi penarikan kendaraan
Dok Gridmotor
Ilustrasi penarikan kendaraan

Otomotifnet.com – Selama ini masih beredar anggapan kalau pihak leasing harus melalui pengadilan terlebih dahulu jika ingin menyita kendaraan dari konsumen.

Setelah ada keputusan dari pengadilan, maka kendaraan konsumen yang sudah wanprestasi dalam pembayaran baru bisa ditarik.

Namun kemudian pihak Mahkamah Konstitsi (MK) punya kebijakan terbaru yang tertuang dalam Putusan Nomor 2/PUU-XIX/2021. Putusan ini diumumkan 31 Agustus 2021 silam.

Dengan putusan itu, membuat aturan lama yang dianggap multitafsir menjadi lebih jelas.

Baca Juga: Mitsubishi Galant Ditarik Paksa Debt Collector, Surat Putusan Pengadilan Dipertanyakan

Dianggap multitafsir karena beberapa pihak ada yang menyatakan kalau penarikan harus lewat pengadilan.

Sebagian lagi menyatakan kalau sertifikat jaminan fidusia punya kekuatan eksekutorial yang sama dengan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap.

Dalam putusan itu disebutkan kalau eksekusi sertifikat jaminan fidusia atau sistem penarikan kendaraan lewat pengadilan negeri hanya salah satu alternatif saja.

"Adapun pelaksanaan eksekusi sertifikat jaminan fidusia melalui pengadilan negeri hanyasebagai alternatif yang dapat dilakukan dalam hal tidak ada kesepakatan antara kreditur dan debitur baik berkaitan dengan wanprestasi maupun penyerahan secara  sukarela objek jaminan dari debitur kepada kreditur,” tulis penjelasan MK tersebut.

 


Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa