Ganjil Genap di Puncak Diklaim Efektif, Mampu Batasi Volume Kendaraan

Ferdian - Senin, 13 September 2021 | 14:00 WIB
Uji coba ganjil genap di Puncak Bogor.
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Uji coba ganjil genap di Puncak Bogor.

Otomotifnet.com - Pembatasan mobilitas dengan pemberlakuan ganjil genap di Jalur Punca-Cianjur, Jawa Barat disebutkan Kepolisian Resor Cianjur efektif untuk membatasi volume kendaraan bermotor di luar kota.

Bahkan, dalam pekan ini tidak ada antrean panjang kendaraan sebagaimana terjadi selama pekan sebelumnya, 3-5 September 2021 yang mengular seiring turunnya PPKM ke level 3.

"Kami akan mengevaluasi kembali penerapan gage di jalur Puncak-Cianjur karena ini cukup efektif dalam menekan mobilitas kendaraan, terutama di kawasan Puncak-Cipanas yang selama ini rawan macet," kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan (12/9/2021).

Memang, lanjutnya, laju kendaraan sempat tersendat di beberapa titik rawan. Tetapi, tidak sampai terjadi macet total.

Apalagi setelah dilakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan macet seperti Jalan Raya Pacet, Pasekon, hingga Hanjawar mulai kembali normal.

Baca Juga: Total 10 Kendaraan Ditilang di Puncak, Ketahuan Pakai Pelat Palsu Biar Lolos Gage

"Kemungkinan penerapan ganjil genap akan dilakukan, karena selama dua pekan terakhir tidak ada macet total di jalur Puncak. Kami akan koordinasikan dengan atasan dan Pemkab Cianjur. Ganjil genap efektif untuk mengatasi tingginya volume kendaraan saat akhir pekan, " kata Doni.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan hal yang sama terkait penerapan ganjil genap di jalur Puncak.

Menurut dia, aturan ini sangat efektif mengurangi volume kendaraan dari luar kota. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk tetap menerapkan ganjil genap meski masuk ke PPKM level 1.

"Kami menilai, ganjil genap untuk sementara dapat diterapkan kembali, karena efektif menekan mobilitas kendaraan pengunjung ke Cianjur. Nanti setelah dinyatakan nol kasus, kita akan terapkan normal kembali," kata Herman.

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/13/094200115/ganjil-genap-di-jalur-puncak-dinilai-efektif-kurangi-mobilitas


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa