Ada Anggapan Bensin Dicampur Alkohol Bikin Mesin Halus, Pertamina Bilang Begini

Ferdian,Harun Rasyid - Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Ilustrasi mencampur BBM dengan alkohol
Youtube.com
Ilustrasi mencampur BBM dengan alkohol

Otomotifnet.com - Banyak cara supaya performa motor meningkat, seperti mengganti part berbau racing sampai mencampur bensin dengan aditif tertentu.

Seperti anggapan mencampurkan bensin dengan alkohol 99 persen bisa mendongkrak performa kendaraan secara instan.

Salah satu percobaan ini juga diperlihatkan lewat video yang diunggah akun Youtube Versus In Experiment, yang mencoba mencampur Pertalite dengan Alkohol 99 persen.

Caranya dengan menuangkan alkohol 99 persen sebanyak 10 persen dari volume bensin yang ingin dicampur, misalnya 1 mili Pertalite dicampur dengan alkohol sebanyak 0,1 mili.

Hasilnya diklaim membuat oktan jadi lebih tinggi, suara mesin terdengar lebih halus dan membuat tingkat emisi yang dihasilkan jadi lebih sedikit.

Lantas, apakah boleh mencampur BBM seperti Pertalite dengan alkohol?

Baca Juga: Sudah Jadi Thesis Minyak Kayu Putih Bikin Irit Bensin, Pertamina Malah Bilang Begini

Irto Ginting selaku Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) coba menyampaikan pendapatnya.

Ia menyebut, Pertamina tidak menganjurkan pengendara untuk mencampur BBM dengan alkohol atau zat aditif tambahan lainnya.

"Kami menyarankan untuk tidak mencampur BBM jenis apapun dengan bahan-bahan asing seperti alkohol," jelasnya (9/10/2021).

Sementara itu Putut Andriatno, selaku Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading menyebut, pihaknya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu akibat tindakan mencampur BBM dengan zat aditif.

"Karena hal itu akan mengubah spesifikasi BBM, Pertamina juga tidak bertanggung jawab terhadap spesifikasi BBM yang sudah berubah," ungkapnya saat dihubungi tim redaksi beberapa waktu lalu.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa