Pantas Saja, Ini Alasan Harga BBM Non Subsidi Pertamina di Tiap Daerah Berbeda

Ferdian,Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi Isi BBM di SPBU Pertamina
GridOto.com/Rianto Prasetyo
Ilustrasi Isi BBM di SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Buat pelanggan BBM Pertamina, pastinya pernah mendapati harga BBM non subsidi berbeda dengan yang ada di daerah asal saat sedang bepergian.

Seperti harga BBM jenis Pertamax di DKI Jakarta Rp 9.000 per liter lebih murah di banding daerah-daerah di luar Pulau Jawa seperti Riau Rp 9.400 per liter.

Tapi banyak dari pelanggan yang belum tahu, kenapa setiap jenis BBM non subsidi Pertamina punya harga yang berbeda-beda tiap daerah.

Irto Ginting selaku Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) pun memberikan penjelasannya.

"Dalam komponen harga (BBM Pertamina) terdapat harga pokok, PPN dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB)," ujar Irto (14/10/2021).

Baca Juga: Pertamax Turbo Turun Jadi Rp 12 Ribu per Liter, Penjualan Jauh Ketimbang BBM Non Subsidi?

Menurutnya itu dari beberapa komponen tersebut, penentu harga BBM non subsidi Pertamina berbeda-beda yaitu pajak dari tiap daerah.

"PBBKB ini ditentukan dari masing-masing Pemda besarnya antara 5 sampai 10 persen, inilah yang menjadikan adanya perbedaan harga BBM di tiap daerah," sambungnya.

Kendati demikan, ia memastikan perbedaan dari harga BBM non subsidi Pertamina tiap daerah ini tidak terlalu besar dan memiliki kualitas yang sama.

Sekadar informasi, BBM non subsidi Pertamina di antaranya ada Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan juga Dexlite.

Untuk harga BBM jenis Pertalite kini mulai Rp 7.650 - Rp 8.000 per liter, Pertamax mulai Rp 9.000 - Rp 9.400 per liter dan Pertamax Turbo mulai Rp 12.000 - Rp 12.400 per liter.

Sementara untuk bahan bakar diesel yakni Pertamina Dex mulai Rp 11.150 - Rp 11.550 per liter dan Dexlite mulai Rp 9.500 - Rp 9.900.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa