Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tekan Kemacetan Dan Kurangi Polusi Udara Jadi Alasan Kendaraan Dipasangi Stiker Hologram

Ferdian - Rabu, 3 November 2021 | 18:50 WIB
Ilustrasi tilang
Korlantas
Ilustrasi tilang

Otomotifnet.com - Jika diterapkan secara optimal dan berkelanjutan, pemberlakuan program inovasi digitalisasi pajak kendaraan (road tax) dinilai bisa menekan kemacetan dan polusi udara di wilayah Ibu Kota.

Karena penempelan stiker hologram yang dilengkapi dengan 18 QR Code tersebut membuka pengembangan lebih lanjut pada terintegrasian aplikasi JRku yang telah sinergi ke sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan e-tilang.

Kemudian, dimungkinkan juga pengembangan lebih lanjut ke arah modern road payment system, baik untuk transaksi pembayaran tol, parkir, dan lain sebagainya, tanpa kontak bantuan petugas.

"Sehingga arahnya sangat jelas supaya lalu lintas di Jakarta bisa terkontrol secara baik dan maksimal. Hanya saja harus benar-benar terintegrasi serta transparan," kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno (3/11/2021).

Jangan sampai, aturan terkait berdiri sendiri karena dapat menjadi dampak buruk terhadap pengendara lain.

Mengingat, tidak semua kendaraaan atau pengendara ingin melintas di jalan tol.

Di samping itu, keadaan transportasi umum atau pengganti pun harus kerap diperhatikan agar mengurangi kecenderungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi untuk aktivitas harian.

Baca Juga: Gawat, Motor dan Mobil Tanpa Stiker Hologram Ini Mulai Ditilang Polisi

"Harus diperhatikan pungutan biaya tol, parkir, dan lainnya gimana. Jangan dibuat satu pintu saja ke Samsat, nanti pemilik bisa kaget ketika bayar pajak tahunan, akumulasi biaya sangat besar karena ada pungutan itu," kata dia.

"Lebih lanjut, pengawasan juga harus baik agar tidak ada oknum yang bisa memalsukan stiker. Bila hanya tempelan belaka, keberlangsungannya cuma singkat," lanjut Djoko.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa