Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahun 2023 Ganjil Genap Dihapus, Gantinya Jalan Berbayar Elektronik Dengan Tarif Segini

Ferdian - Selasa, 21 Desember 2021 | 17:50 WIB
Ilustrasi. Electronic road pricing bakal diterapkan di Jakarta
Kompas.com
Ilustrasi. Electronic road pricing bakal diterapkan di Jakarta

Otomotifnet.com - Aturan ganjil genap rencananya akan digantikan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan Electronic Road Pricing (ERP) pada 2023.

Untuk tahap awal, konsep sistem jalan berbayar elektronik ini sedang dalam pembentukan proyek di tahun depan ini akan diterapkan mulai Simpang CSW sampai Bundarah HI.

Disebut Kepala Unit Sistem Jalan Berbayar Elektronik DKI Jakarta, Zulkifli, pada 2030 ditargetkan sebanyak 20 ruas jalan dengan total panjang jalan sekitar 174 km akan diterapkan ERP.

"Besaran tarif jalan berbayar bervariasi berdasarkan segmen jalan, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 19.900," katanya dalam keterangan tertulis (20/12/2021).

Tarif jalan berbayar dikenakan terhadap tiga jenis kendaraan, yaitu sepeda motor, kendaraan ringan, dan kendaraan berat (truk dan bus).

Rencana penetapan tarif ini seiring dengan survei yang dilakukan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) terhadap 1.092 responden para pengguna mobil.

Baca Juga: Kemacetan Jakarta Bikin Rugi Rp 65,7 Triliun, Jalan Berbayar Disebut Jadi Solusi?

Ilustrasi kawasan ganjil genap di DKI Jakarta.
TribunJakarta.com / Gerald Leonardo Agustino
Ilustrasi kawasan ganjil genap di DKI Jakarta.

Sebanyak 77,75 persen responden memilih tarif antara Rp 10.000 hingga Rp 13.000. Adapun 11,45 persen responden lainnya mengusulkan tarif jalan berbayar elektronik sekitar Rp 20.000.

Kini, ERP sudah diusulkan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta (RITJ) dan telah dibahas di Raperda serta masuk Propemperda tahun 2022.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa