Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diserbu LMPV dan LSUV Baru, Pasar LCGC di Tanah Air Makin Merunduk?

Ferdian,Wisnu Andebar - Senin, 21 Februari 2022 | 20:45 WIB
Honda Brio Satya E CVT teranyar
Rianto Prasetyo
Honda Brio Satya E CVT teranyar

Otomotifnet.com - Tiap tahunnya, pasar segmen Low Cost Green Car (LCGC) terpantau mengalami penurunan.

Dilansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan LCGC selama periode 2021 lalu sebanyak 146.520 unit dengan pangsa pasar 17 persen.

Padahal segmen kendaraan yang masuk dalam program pemerintah ini, pangsa pasarnya selalu berada di atas 20 persen dalam beberapa tahun sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing and Sales Director (HPM) pun membenarkan bahwa memang ada penurunan pangsa pasar segmen LCGC sekitar 3 persen dibandingkan tahun lalu.

Walaupun pangsa pasarnya turun, menurut Billy LCGC masih menjadi segmen yang diminati dengan peningkatan penjualan sebesar 25 persen dibandingkan 2020.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan pangsa pasar LCGC secara nasional mengalami penurunan sepanjang 2021 kemarin.

"Salah satunya karena banyaknya produk-produk baru yang meluncur di segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) dan LSUV (Low Sport Utility Vehicle), sedangkan tidak ada pembaruan untuk segmen LCGC pada 2021," kata Billy (21/2/2022).

Kendati demikian, Billy mengungkapkan bahwa segmen LCGC sejatinya masih sangat diminati, bahkan menjadi kontributor terbesar penjualan Honda.

"Kontribusi Honda Brio Satya masih tertinggi sekitar 33 persen, meski sempat terkendala pasokan komponen pada tahun lalu, sehingga menyebabkan pemangkasan produksi dan inden yang cukup lama," imbuhnya.

"Pada dasarnya, kami akan pelajari terus perkembangannya untuk selalu bisa memproduksi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen," pungkas Billy.

Baca Juga: Gara-gara Hal Menyebalkan Ini, Peluncuran Honda HR-V Terbaru Ditunda Dulu

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa