Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jutaan Orang Bakal Mudik Lewat Jalur Darat, Pertamina Siap Tambah Stok BBM Harian

Ferdian - Minggu, 17 April 2022 | 14:45 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Tribunjabar.id
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Diprediksi jalur darat jadi favorit para pemudik, Pertamina siap tambah stok BBM.

Hal ini siap dilakukan usai PT Pertamina (Persero) resmi membentuk Satgas untuk mengamankan pasokan serta distribusi bahan bakar minyak (BBM).

Mulyono, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina sekaligus Ketua Satgas mengatakan, Pertamina siap mendukung kebijakan Pemerintah yang mengizinkan masyarakat melakukan mudik.

Pada mudik tahun ini, diperkirakan mengalami lonjakan setelah 2 tahun masyarakat dilarang pulang kampung imbas Covid-19.

Berdasar prediksi pemerintah, terdapat 85,5 juta pemudik dan 33 juta mobil yang akan bergerak di seluruh Indonesia selama arus mudik Lebaran 2022.

"Seluruh pekerja Subholding Pertamina mulai dari Upstream, Pengolahan, Perkapalan, Pemasaran Hingga Gas bekerja bersama untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik. Satgas akan bekerja 24 jam untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik, seluruh infrastruktur distribusi energi juga sudah siap mengamankan pasokan BBM," kata Mulyono dari siaran resminya (15/4/2022).

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Subholding Commercial & Trading (C&T) Alfian Nasution menyampaikan, secara umum stok dan penyaluran BBM saat ini dalam kondisi aman dan lancar.

Pertamina juga sudah menyiapkan tambahan stok sesuai dari perhitungan proyeksi rata-rata konsumsi untuk masing-masing produk, baik untuk kategori bensin dan juga BBM berjenis solar.

"Gasoline di masa satgas tahun 2022 diperkirakan meningkat 11 persen dari 2021, yaitu dari 90 ribu KL per hari menjadi 100 ribu KL per hari, Untuk produk Gasoil meningkat 24 persen menjadi 44 ribu KL per hari, dibandingkan satgas tahun lalu 36 ribu KL per hari," ucap Alfian.

Lebih lanjut ia memprediksi puncak kenaikan konsumsi gasoline atau bensin, akan terjadi pada H-1 dan H+1 (arus mudik).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa