Dua Tahun Dihantam Pandemi, Pasar Mobil Bekas Kembali Bergairah

Raspati Dana - Kamis, 26 Mei 2022 | 10:10 WIB
Layanan inspeksi kendaraan OLX Autos di GIIAS 2021
Raspati/Otomotifnet
Layanan inspeksi kendaraan OLX Autos di GIIAS 2021

Otomotifnet.com - Sempat terpuruk selama lebih dari dua tahun karena pandemi Covid-19, pasar mobil bekas (mobkas) tanah air perlahan kembali bergairah.

Indikasi tersebut ditandai dengan perekonomian dalam negeri yang mulai pulih, membuat daya beli masyarakat kembali meningkat.

Ditambah kebijakan pemerintah yang kembali memperbolehkan mudik lebaran di tahun ini.

Peningkatan penjualan pun dirasakan oleh sejumlah pemain di sektor ini, termasuk OLX Autos sebagai platform jual beli mobkas.

Agung Iskandar, Director Classified and New Business OLX Autos Indonesia mengatakan, pencapaian positif ini diprediksi masih akan terus terjadi.

"Dengan dibolehkannya mudik lebaran 2022, kami melihat adanya peningkatan penjualan yaitu lebih dari 30 persen,"

"Ini adalah antusiasme festive season (ramadan dan jelang lebaran) yang luar biasa dan tentunya sangat berpengaruh pada kinerja penjualan kami," ujarnya saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Sebagai informasi, sebelum terjadinya pandemi Covid-19, OLX Autos Indonesia mencatatkan penjualan sebesar 35 persen selama masa ramadan.

Namun di tahun 2020, penjualan anjlok hingga menyentuh -4–10 persen seiring dengan pemberlakuan pembatasan perjalanan dan pelarangan mudik.

Setahun kemudian (2021), penjualan perlahan mulai sedikit membaik di angka 10 persen meski masih diberlakukan pelarangan mudik.

Agung menambahkan, meski pencapaian tahun ini belum melampaui pencapaian masa sebelum terjadinya pandemi Covid-19, pihaknya optimis industri mobil bekas akan terus bangkit dan bahkan bisa lebih baik.

"Hal itu didukung oleh potensi pasar mobil bekas yang masih luas serta daya beli masyarakat yang tinggi,"

"Diharapkan industri ini akan terus menjukkan pergerakan positif," pungkasnya.

Baca Juga: Kondisi Pasar Mobkas Saat Pandemi Ternyata Sempat Tiarap, Gimana Sekarang?


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa