Tilang Manual Tetap Ada Saat Ganjil Genap di Jakarta, Ini Titik Lokasinya

Ferdian - Senin, 30 Mei 2022 | 12:15 WIB
Ilustrasi polisi melakukan tilang secara manual
Ntmcpolri.info
Ilustrasi polisi melakukan tilang secara manual

Otomotifnet.com - Polisi akan melakukan uji coba penindakan di 13 titik baru zona ganjil-genap Jakarta mulai 6-12 Juni 2022.

Setelah uji coba, penindakan baru akan dilakukan secara menyeluruh di 26 titik ganjil-genap DKI Jakarta.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes mengatakan, penindakan akan dilakukan dengan menggunakan kamera ETLE (electronic traffic law enforcement) dan juga secara manual.

“Untuk 12 kawasan yang ada kamera ETLE-nya, maka penindakan dilakukan dengan menggunakan kamera E-TLE,” ujar Sambodo, dikutip dari NTMC Polri (30/5/2022).

“14 kawasan yang tidak ada kamera ETLE-nya, maka penindakan digunakan dengan menggunakan penindakan secara manual artinya penilangan manual oleh anggota di lapangan,” katanya.

Sementara itu, untuk menghindari penilangan dua kali, pihaknya akan mencocokkan data kendaraan manual dengan data yang terekam di kamera ETLE.

“Kalau dia ditilang manual karena Gage (ganjil-genap), maka kami akan cocokkan dengan data ETLE. Jadi di kawasan yang ada ETLE-nya, kami menjamin tidak akan ada tilang dua kali,” ucap Sambodo.

“Kalau sudah kena tilang manual, kami juga akan cross check data dari 12 kawasan yang ada terpasang ETLE. Jangan sampai ada masyarakat yang terkena tilang dua kali,” tuturnya.

Sambodo juga menambahkan, penindakanan ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 13 Juni, setelah dilakukan uji coba pada tanggal 6-12 Juni.

Baca Juga: Ganjil Genap Jakarta Jadi 26 Titik, Jika Tambah Macet Polisi Minta Dibatalkan

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/30/082200515/polisi-terapkan-tilang-manual-di-lokasi-gage-yang-belum-ada-etle


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa