Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Innova Seken Matik Dibawa Pulang, Perawatan Wajib Teratur, Sekali Ambrol Ngabisin Duit

Ferdian,Harun Rasyid - Minggu, 5 Juni 2022 | 16:45 WIB
Toyota Kijang Innova bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken
Toyota Kijang Innova bekas

Otomotifnet.com - Wajib pilih-pilih dan cek kondisi kalau kepengin boyong Toyota Kijang Innova bekas tahun 2009-2013 transmisi matik.

Karena Toyota Kijang Innova generasi kedua ini, usia tertuanya sudah masuk 13 tahun.

Dengan usia yang tergolong tidak muda ini, bisa saja performa transmisi matik 4-percepatan Kijang Innova sudah lemah dan kurang responsif saat dikemudikan.

Menurut Affan Rasyid Baharuddin, Owner bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor di Bekasi, matik Toyota Kijang Innova generasi kedua yang bermasalah umumnya disebabkan faktor pemakaian dan kesalahan dalam perawatan.

"Matik yang melemah bisa karena faktor pemakaian yang kurang benar atau cenderung kasar. Misalnya mobil belum 100 persen berhenti, tapi pengemudi sudah oper tuasnya dari D ke R," ujarnya (3/6/2022).

Selain itu Affan mengatakan, masalah matik Toyota Kijang Innova dapat disebabkan telat ganti oli transmisi.

"Makanya sebaiknya ganti oli matik-nya jangan telat. Kalau anjuran pabrikan per 40.000 kilometer, tapi karena mobilnya sudah berumur lebih baik ganti paling telat per 25.000 kilometer," katanya.

Lebih lanjut Affan mengungkapkan, perbaikan matik Toyota Kijang Innova generasi kedua yang bermasalah biasanya membutuhkan penggantian sejumlah part.

"Rata-rata ganti solenoid dan sealnya yang sekaligus ganti oli transmisinya. Biaya jasa turun matik ini sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta," sebutnya.

Tapi khusus untuk biaya jasa perbaikan matik Kijang Innova lawas di Rp 7 juta ini, berlaku untuk kerusakan yang terbilang parah.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa