Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Tak Salah Sasaran, Seleksi Pengguna BBM Subsidi Jadi Kunci Penting

Ferdian - Minggu, 10 Juli 2022 | 17:55 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Istimewa
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Dikarenakan penyalurannya bisa dibilan tidak tepat sasaran, upaya Pertamina untuk menyaring pengguna BBM subsidi sangat dibutuhkan.

Seperti diketahui, banyak masyarakat mampu yang nyatanya leluasa menikmati BBM subsidi, khususnya solar.

Diketahui solar memiliki harga yang paling murah di antara semua jenis BBM yang dijual Pertamina dan pesaing.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), Saleh Abdurrahman menjelaskan strategi digitalisasi melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Pertamina sudah sesuai dengan arahan pemerintah.

Hal ini menurutnya bisa menjadi upaya agar ada cara untuk mengendalikan penyaluran BBM subsidi.

Penggunaan MyPertamina bisa efektif mengendalikan subsidi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat yang lebih mampu untuk konsumsi BBM yang lebih ramah lingkungan dan nonsubsidi.

“MyPertamina salah satu cara atau tool untuk melakukan subsidi tertutup atau menyasar konsumen yang memang berhak, selain untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan BBM subsidi,” ujar Saleh Abdurrahman (7/7/2022).

Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PKS, Mulyanto, menambahkan pemerintah harus bergerak cepat menyiapkan payung hukum agar pengguna BBM subsidi tepat sasaran.

Langkah Pertamina melakukan digitalisasi penyaluran BBM subsidi juga harus dibarengi dengan penerbitan revisi Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014.

Perpres tersebut berisi tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak bila serius membatasi pengguna BBM subsidi, baik solar maupun pertalite.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa