Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertama di Indonesia, Tol Yogyakarta-Solo Punya Jalur Khusus Sepeda, Lebar 5 Meter

Ferdian - Rabu, 13 Juli 2022 | 16:25 WIB
Proses pemasangan girder untuk jalan layang yang menghubungkan tol Yogyakarta-Solo dan Solo-Ngawi.
Tribunsolo.com/Tri Widodo
Proses pemasangan girder untuk jalan layang yang menghubungkan tol Yogyakarta-Solo dan Solo-Ngawi.

Otomotifnet.com - Penghobi sepeda bakalan senang, karena rencananya Tol Yogyakarta-Solo akan memiliki jalur khusus sepeda.

Nantinya jalur khusus sepeda ini dibangun di antara dua pagar yang berbatasan dengan main road dan tanah warga di wilayah Klaten.

Pengelola Tol Yogyakarta-Solo, PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) memastikan jalur sepeda itu berada di luar bangunan utama atau berada di sisi jalan tol.

"Leres (benar), jadi itu sama bagian jalan tol terpisah," ucap Direktur Lahan dan Utilitas JMM Muhammad Tilawatil Amin (11/7/2022).

Amin menjelaskan, proyek jalan tol ini memiliki beberapa bagian, mulai dari bagian utama, pinggir, dan pembatas yang bersentuhan dengan tanah warga.

Nantinya, posisi jalur sepeda yang bakal dibangun akan berada di sisi paling luar dan dekat dengan pembatas tanah warga.

"Jalan tol kan ada main road-nya (jalan utama) terus pinggirnya. Nah, batas paling kiri dengan warga itu biasanya ada tembok atau kawat berduri, itu akan dipakai sekitar 5 meter untuk jalur sepeda," jelasnya.

Meski begitu, Amin belum bisa memastikan apakah jalur sepeda akan dibangun satu atau di kedua sisi jalan tol.

Ia hanya bisa menjelaskan bahwa lebar jalur sepeda yang diusulkan sekitar 5 meter.

"Kalau berapa sisi saya belum bisa pastikan, soalnya itu juga memperhatikan anggaran. Tujuannya sebenarnya untuk mendukung pariwisata dan perekonomian Klaten," ulasnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa