Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

DPR Minta Semua Perlintasan Sebidang Ditutup, Imbas Odong-odong Maut di Serang

Ferdian - Jumat, 29 Juli 2022 | 15:25 WIB
Odong-odong tertabrak kereta api di Kragilan, Serang, Banten sebabkan 31 korban
Kompas.com/Rasyid Ridho
Odong-odong tertabrak kereta api di Kragilan, Serang, Banten sebabkan 31 korban

Otomotifnet.com - Ketua Komisi V DPR Lasarus meminta ke pemerintah untuk menutup seluruh perlintasan sebidang kereta api.

Hal ini dimaksudkan agar tak terjadi lagi kasus kecelakaan kereta api menabrak odong-odong seperti peristiwa di Serang.

Diketahui kecelakaan yang terjadi pada Selasa (26/7/2022) itu menewaskan sembilan orang.

"Atas nama Komisi V DPR RI, saya menyampaikan keprihatinan atas kecelakaan yang terjadi dan tentunya duka cita mendalam terhadap seluruh korban yang berpulang akibat peristiwa tersebut,” kata Lasarus dalam keterangannya (28/7/2022).

Lasarus mengatakan, Komisi V mengingatkan pemerintah untuk menjadikan kecelakaan maut odong-odong itu sebagai bahan evaluasi.

Menurutnya, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah wajib menggalakkan sosialisasi serta edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat.

“Ini masalah klasik di perlintasan sebidang kereta api. Masalah seperti ini akan terus berulang manakala kesadaran pengguna jalan yang kurang terhadap bahaya yang mengintai di perlintasan sebidang atau pengamanan pintu perlintasan sebidang yang lemah,” ucapnya.

Ia meminta pemerintah melalui instansi-instansi terkait untuk menutup seluruh perlintasan sebidang, khususnya perlintasan ilegal maupun yang tidak memiliki palang pintu.

Hal ini penting untuk mencegah terjadinya lagi kecelakaan lalu lintas.

“Yang paling aman memang tidak ada lagi perlintasan sebidang. Semestinya kecelakaan bisa dicegah jika perlintasan sebidang ilegal tegas ditutup, dan atau semua dalam penjagaan petugas perkeretaapian,” terangnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa