Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap Ganti, Polda Jatim Sudah Kebagian 200 Ribu Pelat Putih

Ferdian - Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:45 WIB
Ilustrasi pelat nomor warna dasar putih
ntmcpolri.info
Ilustrasi pelat nomor warna dasar putih

Otomotifnet.com - Mantap, Ditlantas Polda Jatim dapat pasokan pelat nomor putih sedikitnya 200 ribu pasang.

Pelat TNKB jenis baru tersebut, menyusul adanya penerapan peraturan baru untuk mengganti pelat TNKB konvensional berwarna dasar hitam tulisan putih, menjadi berwarna dasar putih tulisan hitam.

Jumlah tersebut, tidak menutup kemungkinan bakal bertambah, seiring dengan berkembangnya upaya percepatan Korlantas Polri segera menerapkan peraturan baru tersebut.

Apalagi pasokan TNKB warna putih yang telah dijatahkan kepada Ditlantas Polda Jatim adalah tahapan awal dari upaya sosialisasi perubahan aturan.

Direktur Ditlantas Polda Jatim Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan, perubahan warna pelat TNKB itu memudahkan mekanisme penegakkan hukum kedisiplinan berkendara di jalanan yang kini menerapkan sistem tilang elektronik atau lazim disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kamera ETLE secara statis di jalanan ataupun berbasis mobil Integrated Note Capture Attitude Record (INCAR) kurang maksimal merekam foto pelat nopol atau TNKB yang berwarna dasar hitam.

Pasalnya, sifat dasar dari kemampuan foto atau capture objek gambar yang digunakan oleh kamera ETLE tersebut, menggunakan teknologi automatic number rate recognition, yakni sebuah mekanisme perangkat lunak yang bertugas mencocokkan tampilan data tulisan pada pelat TNKB.

Dan mekanisme tersebut, berorientasi untuk menyerap tampilan gelap atau warna hitam.

Otomatis alat kamera ETLE kurang maksimal dalam menyerap tampilan pada pelat TNKB berwarna dasar hitam.

"(Pelat putih) kemungkinan tingkat kesalahannya lebih kecil dibandingkan kalau warna dasarnya hitam," katanya di depan Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Kamis (4/8/2022).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa