Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polisi Bilang Tilang Elektronik Lebih Efektif Ketimbang Manual, Bisa Hindari Pungli

Ferdian - Sabtu, 5 November 2022 | 14:35 WIB
kamera tilang elektronik atau ETLE.
Adam Samudra/GridOto.com
kamera tilang elektronik atau ETLE.

Otomotifnet.com - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan siap memaksimalkan peran tilang elektronik.

Hal ini terkait instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk tidak melakukan penindakan tilang secara manual.

Hal ini tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 pada 18 Oktober 2022.

Aan Suhanan meminta anggota di lapangan tetap melakukan tugas penegakkan hukum, hanya saja penegakkan hukum kali ini berbentuk edukasi serta teguran.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemahaman masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

“Terkait dengan memaksimalkan tilang elektronik atau ETLE, kita juga terus mengarahkan atau memberikan petunjuk dan arahan kepada jajaran untuk melakukan edukasi. Kemudian kita juga mengingatkan seluruh anggota untuk tidak apatis kalau melihat pelanggaran kita lakukan tindakan baik teguran maupun edukasi nantinya,” ucap Aan dikutip dari NTMC Polri (4/11/2022).

Menurut Aan, pihaknya juga mendukung penggunaan tilang berbasis elektronik lantaran lebih memiliki banyak keunggulan dibanding tilang manual atau secara langsung yang dilakukan oleh petugas lalu lintas di jalan.

“Sudah setahun lebih kita menggunakan IT yaitu yang kita kenal dengan ETLE, banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan penegakan hukum berbasis IT ini. Pertama kita menghindarkan interaksi antara pelanggar dan pihak kepolisian yang ini seringkali berakhir dengan pungli,” ucapnya.

“Kedua, tingkat efektifitas daripada penegakan hukum. Dengan teknologi ini, 24 jam mengcapture pelanggaran yang terjadi. Artinya tingkat efektivitas daripada alat ini dibandingkan petugas yang mungkin hanya satu jam dua jam melakukan tindak pelanggaran, tingkat efektivitasnya lebih tinggi untuk ETLE,” lanjutnya.

Bicara soal efektivitas tilang elektronik.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa