Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Kota Ini Bakal Dapat Bus Listrik Eks KTT G20, Siap Jadi Angkutan Umum

Ferdian - Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
Deret bus listrik DAMRI untuk even KTT G20 di Bali
Dok. DAMRI
Deret bus listrik DAMRI untuk even KTT G20 di Bali

Otomotifnet.com - Jelang KTT G20 di Bali, 41 unit bus listrik disiapkan untuk melayani mobilitas para delegasi dan peserta.

Dari jumlah tersebut, 30 unit di antaranya adalah bus listrik Merah Putih buatan dalam negeri, yang terdiri dari bus sedang dan besar.

Pemerintah punya rencana terkait pemanfaatan bus listrik setelah usai digunakan event KTT G20 di Bali.

Usai digunakan mobilitas KTT G20 di Bali, bus-bus tersebut akan dijadikan sebagai angkutan umum.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, bus listrik pada event G20 ini nantinya akan digunakan sebagai angkutan massal perkotaan di Bandung, Surabaya, dan Bali.

"Melalui program buy the service (BTS) dari Kemenhub, yang nantinya akan dioperasikan oleh DAMRI," ujarnya usai mengecek kesiapan bus listrik Merah Putih pada Kamis (10/11/2022), dikutip dari laman Kemenhub.

Menurutnya, bus listrik karya anak bangsa ini adalah hasil kolaborasi antara Kemenhub, Kemenristek Dikti, INKA, dan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

"Tingkat komponen dalam negeri bus listrik ini sudah lebih dari 50 persen. Ini merupakan hasil perjuangan kita, dan menjadi kebanggaan kita di momen G20 ini," tandasnya.

Menhub mengapresiasi para pihak yang telah mewujudkan harapan untuk menjadikan bus listrik ini sebagai pendukung kelancaran mobilitas para delegasi dan peserta G20.

"Saya bangga dengan apa yang sudah dilakukan. Bahwa jika ada yang belum maksimal, kita harus belajar dan tingkatkan lagi. Karena Pak Presiden menyampaikan kita harus mencoba. InshaAllah upaya ini bisa memberikan makna yang baik bagi bangsa," tutur Menhub.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa