Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Industri Otomotif Pengguna Terbesar Mold And Dies, Cetak Cuan Segini

Harryt MR - Kamis, 17 November 2022 | 16:55 WIB
(Ilustrasi) Investasi industri otomotif di tanah air terbilang cukup besar
Kemenperin
(Ilustrasi) Investasi industri otomotif di tanah air terbilang cukup besar

Otomotifnet.com - Industri otomotif pengguna terbesar mold, dies, jig and fixture atau industri tools.

Karena banyak suku cadang dari kendaraan bermotor, khususnya bagian interior, yang menggunakan part berbahan baku plastik.

Hal ini dibeberkan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Taufiek Bawazier.

“Sedangkan untuk segmentasi pasar produk dies, industri otomotif juga merupakan sektor pengguna terbesar yang mencapai 64% jika dibandingkan dengan sektor lainnya,” ungkap Taufiek.

Data tersebut disampaikan Taufiek, dalam sambutan virtualnya di Seminar Nasional Pengembangan Industri Mold and Dies Dalam Negeri di Yogyakarta (10/11/2022).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2015, tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) Tahun 2015-2035, Kemenperin terus berupaya mengembangkan industri mold, dies, jig and fixture.

Sektor ini merupakan bagian dari industri mesin dan peralatan dalam sektor industri barang modal, komponen, bahan penolong, dan jasa industri.

“Industri mold, dies, jig and fixture merupakan sektor pendukung yang strategis bagi indutri mesin dan perlengkapan, yang memproduksi perkakas atau tools untuk industri pengguna,”

“Seperti industri otomotif, elektronika, makanan dan minuman, dan sebagainya,” imbuh Taufiek.

Ia melanjutkan, produk mold, dies, jig and fixture memegang peranan penting dalam proses pembentukan utama dari suatu benda kerja.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa